spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Siap-siap Pemekaran Wilayah, Ini Daftar Sembilan Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa!

KNews.id- Wacana pemekaran wilayah yang terjadi di Pulau Jawa saat ini sedang ramai diperbincangkan setelah munculnya penjabaran video dari kanal Youtube Data yang membahas 9 provinsi baru Pulau Jawa berdasarkan usulan masing-masing daerah.

Kendati demikian untuk saat ini Pemerintah Pusat masih tetap memberlakukan moratorium terhadap pemekaran wilayah tersebut.

- Advertisement -

Saat ini Pulau Jawa memiliki enam provinsi yaitu Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur.

Simak selengkapnya pemekaran wilayah sembilan calon provinsi baru di Pulau Jawa berikut ini:

- Advertisement -
  1. Provinsi Tangerang Raya

Provinsi Tangerang Raya akan dimekarkan dari Provinsi Banten yang wilayahnya mencakupi  kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Utara, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang Tengah. Ibu kota provinsi ada di Kota Tangerang.

  1. Provinsi Bogor Raya/ Pakuan Bhagasasi

Provinsi tersebut merupakan hasil wacana pemekaran wilayah dari bogor dan Jawa Barat. Pemekarn wilayahnya yaitu Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur. Ibu kota provinsi ada di Kota Bogor.

- Advertisement -
  1. Provinsi Cirebon

Pemekaran wilayah Provinsi Cirebon yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu. Ibu kota provinsi ada di Kota Cirebon.

  1. Provinsi Banyumasan

Wilayah provinsi ini mencakupi Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kota Purwokerto, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen. Ibu kota provinsi ada di Kota Purwokerto.

  1. Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Provinsi ini dimekarkan dari Jawa Tengah meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri. Ibu Kota Provinsi ada di Kota Surakarta.

Provinsi ini juga merupakan hasil pemekaran dari Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan. Ibu kota provinsi ada di Kabupaten Kudus.

  1. Provinsi Mataraman / Jawa Selatan

Provinsi ini dimekarkan dari Jawa Timur yang mencakupi Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek. Ibu kota provinsi ada di Kota Kediri.

  1. Provinsi Madura

Wilayah provinsi ini mencakupi Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kota Pamekasan, Kabupaten Sumenep. Ibu Kota provinsi ada di Kota Pamekasan.

  1. Provinsi Blambangan

Wilayah provinsi ini mencakupi Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang. Ibu kota provinsi ada di Kabupaten Jember. (AHM/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini