spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Siap Membantu Hamas jika AS Membantu Israel?

KNews.id – Upaya intervensi Amerika Serikat (AS) dalam membantu Israel melawan Hamas memicu respons yang beragam. Banyak pihak justru menyatakan akan terang-terangan membantu Hamas jika AS turut campur secara langsung dalam konflik tersebut. Setidaknya ada tiga pihak yang siap membantu Hamas. Itu membuatkan AS bermain hati-hati dalam membantu Israel.

Berikut adalah 3 aktor yang siap membantu Hamas.

- Advertisement -

1. Pejuang Houthi Foto/Reuters Pemimpin Houthi Yaman Abdel-Malek al-Houthi mengatakan jika AS melakukan intervensi langsung di Gaza, mereka akan merespons dengan mengambil opsi militer, termasuk menembakkan drone dan rudal.

Al Houthi mengatakan, “ada garis merah jika menyangkut Gaza,” dan menambahkan bahwa mereka siap berkoordinasi dengan kelompok lain. Di Yaman, pemimpin Gerakan Houthi yang kuat pada hari Selasa memperingatkan bahwa kelompok tersebut akan menanggapi setiap intervensi AS di Gaza dengan drone, rudal, dan opsi militer lainnya.

- Advertisement -

Dia mengatakan kelompok itu siap mengoordinasikan intervensi dengan anggota lain dari apa yang disebut “Poros Perlawanan” yang mencakup faksi Muslim Syiah yang didukung Iran di Irak dan kelompok Hizbullah Lebanon, yang sudah ikut terlibat.

Gerakan Houthi di Yaman telah melawan koalisi pimpinan Saudi sejak tahun 2015 dalam konflik yang telah menewaskan ratusan ribu orang, di mana mereka menargetkan aset-aset strategis di Teluk, terutama fasilitas energi di Arab Saudi.

- Advertisement -

Yaman telah menikmati satu tahun yang relatif tenang seiring perundingan perdamaian mendapatkan daya tarik. Baca Juga Negara Zionis Terus Terdesak, Hamas Masih Terlibat Baku Tembak dengan Militer Israel di Kfar Aza

2. Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak Foto/Reuters Politisi Irak Hadi al-Amiri yang dikenal sebagai pemimpin Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak mengancam akan menargetkan kepentingan Amerika Serikat jika Washington melakukan intervensi untuk mendukung Israel dalam perangnya di Gaza.

“Jika Amerika melakukan intervensi secara terbuka dalam konflik ini… kami akan menganggap semua sasaran Amerika sah… dan kami tidak akan ragu untuk menargetkannya,” kata al-Amiri dalam pertemuan di Bagdad.

Komentar Al-Amiri muncul ketika AS mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka akan memberikan amunisi tambahan kepada Israel dan memindahkan kelompok kapal induk ke Mediterania Timur. Al-Amiri memimpin Organisasi Badr, yang terdiri dari sebagian besar Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak, organisasi paramiliter negara yang berisi banyak kelompok yang didukung Iran.

3. Hizbullah Foto/Reuters Washington telah memperingatkan Hizbullah yang didukung Iran untuk tidak terlibat dalam pertempuran antara Israel dan militan Hamas, karena khawatir akan jatuhnya korban sipil dalam jumlah besar di Lebanon. Hizbullah, salah satu proksi Iran yang paling kuat di Timur Tengah, mengancam akan menyerang Israel jika mereka menyerbu Gaza atau menargetkan pejabat Hamas di Lebanon. Presiden AS Joe Biden mengeluarkan peringatan pertama setelah operasi awal Hamas melawan Israel pada hari Sabtu.

“Amerika Serikat memperingatkan pihak lain yang memusuhi Israel yang mencari keuntungan dalam situasi ini,” kata Biden dalam pernyataan pertamanya yang mengutuk serangan tersebut. “Siapa pun yang memusuhi Israel harus tahu bahwa Israel akan merespons dengan tegas, dan kami akan mendukung mereka,” kata Juru Bicara Komando Pusat AS (CENTCOM) Letkol Troy Garlock kepada Al Arabiya English.

“Presiden Biden telah memperjelas hal ini: tidak ada pihak yang memusuhi Israel boleh mencoba mengeksploitasi situasi ini,” tambahnya. Randa Slim, direktur program di Middle East Institute yang berbasis di Washington, mengatakan pemerintah sementara Lebanon tidak memiliki kekuatan untuk memaksa Hizbullah melakukan atau tidak melakukan apa pun, apalagi memutuskan apakah akan melakukan intervensi dalam perang Gaza-Israel. Lebanon tidak memiliki pemerintahan yang berfungsi penuh sejak masa jabatan Michel Aoun berakhir pada Oktober 2022.

“Hizbullah mempunyai garis merahnya sendiri berdasarkan kalkulus untung-ruginya mengenai potensi eskalasi konflik Lebanon-Israel. Hal ini sebagian akan dipengaruhi oleh apa yang dilakukan Israel di Gaza. Dan sebagian karena penilaian mereka mengenai apakah dan untuk berapa lama Hamas dapat mempertahankan serangan Israel sendiri,” kata Slim kepada Al Arabiya English.

Dan AS tidak akan mampu meyakinkan Israel mengenai potensi serangan terhadap Lebanon. “Yang terakhir ini ditentukan oleh kalkulus untung-untungan Israel untuk serangan semacam itu,” katanya. Pada hari Minggu, baku tembak singkat terjadi setelah Hizbullah mengaku bertanggung jawab meluncurkan roket ke pos-pos Israel di Peternakan Shebaa. Israel membalasnya dengan menggempur sebuah lahan kosong di Lebanon selatan dan menghancurkan tenda Hizbullah yang diklaim berada di wilayah sengketa.  (Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini