spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Siap Jadi Motor Koalisi Besar, PDIP Sebut Puan Maharani yang Lakukan Safari Politik Pertama Kali

KNews.id – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Said Abdullah mengatakan Puan Maharani merupakan pelopor safari politik pertama kali. Dia menjelaskan, Puan sudah melakukan safari demi menjalin kerja sama politik alias koalisi jelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Bahkan, Said menyebut Puan sudah melakukan safari politik sebelum Partai Amanat Nasional menggelar acara silaturahmi antara Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan parpol pendukung pemerintah pada awal April lalu. Oleh sebab itu, ia menilai wajar jika PDIP menjadi tuan rumah alias motor dari koalisi besar.

- Advertisement -

“Yang melakukan safari politik pertama kali adalah Puan Maharani. Ke NasDem dulu, Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa. Itu awal sekali sebelum ada acara buka bersama di DPP PAN,” kata Said di Gedung DPR RI, Kamis, 13 April 2023.

Adapun gagasan koalisi besar mencuat usai Presiden Jokowi merestui peleburan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dengan Koalisi Indonesia Bersatu. KIR terdiri atas Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa, sementara KIB digawangi oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

- Advertisement -

Said memastikan PDIP pasti menggandeng parpol lain saat menghadapi Pemilu 2024. Soal capres cawapres yang diusung, dia mengatakan para Ketua Umum parpol akan duduk bersama mendiskusikan hal tersebut.

Menurut dia, tidak ada hal di republik ini yang tidak ada jalan keluarnya. Di sisi lain, kesepahaman bahwa antar parpol kedudukannya setara diperlukan demi mencapai kesepakatan tersebut.

- Advertisement -

Said mengatakan PDIP siap menjadi motor alias tuan rumah koalisi besar. Ia mengatakan Puan pun sudah menyatakan bahwa partai besutan Megawati Soekarnoputri ini siap jadi tuan rumah.

“Insya Allah (jadi host koalisi). Mbak Puan kan sudah menyatakan menyiapkan dirinya untuk menjadi tuan rumah,” kata Said.

Sebelumnya, Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily menyatakan pintu koalisi besar bagi PDIP sangat terbuka. Hanya saja, kata dia, PDIP mesti mengikuti aturan main koalisi.

“Prinsipnya kami terbuka. Hanya saja kami pastikan bahwa kalau terbuka tentu harus ikut dalam aturan main di koalisi besar,” ucap Ace di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu, 12 April 2023.

Ace mengatakan upaya membangun kesepahaman antarpartai dalam Koalisi Besar menjadi fokus penting. Selain itu, parpol anggota koalisi besar juga mesti paham bahwa ada pihak yang menginisiasi koalisi ini.

Menurut dia, kesepahaman ihwal inisiator koalisi diperlukan demi menghindari polemik di masa mendatang. “Jangan sampai nanti misalnya koalisi sudah dibangun, tapi belakangan ingin menguasai. Tentu itu yang harus dihindari,” kata Ace. (Hfz/NT)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini