spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

‘Si Oneng’: Ketika Minyak Dunia Turun, Nggak ada BBM Turun?

KNews.id- Anggota Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka menyoroti rencana kenaikan harga BBM. Menurutnya, alasan kenaikan harga BBM dari tahun ke tahun sama yakni kenaikan harga minyak dunia.

Rieke yang dulu dikenal dengan peran sebagai ‘Si Oneng’ itu pun juga mempertanyakan harga BBM yang tak turun ketika harga minyak dunia turun.

- Advertisement -

“Ini alasannya dari tahun ke tahun sama saja, karena harga minyak dunia naik US$ 100 per barel, tapi ketika harga minyak dunia turun nggak ada BBM turun ya pak?” kata Rieke dalam rapat kerja dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Rabu (24/8).

Selain itu, Rieke juga mempertanyakan adanya kenaikan jumlah subsidi energi, tapi harga BBM mau dinaikkan.

- Advertisement -

“Di satu sisi ada kenaikan subsidi BBM, tapi di sisi lain kenapa BBM yang disubsidi harganya jadi naik begitu. Saya mungkin yang butuh penjelasan lebih detil,” ujarnya.

Rieke mengatakan, subsidi energi sebesar Rp 502 triliun merupakan angka yang fantastis. Ia pun meminta sebelum menaikkan harga BBM lebih baik memperbaiki data penerima subsidi.

- Advertisement -

“Saya kira subsidi BBM Rp 502 triliun itu adalah angka yang fantastis dan sepakat dengan temen-temen lain sebelum memutuskan kenaikan harga BBM perbaiki dulu data penerima subsidi yang terintegrasi antara Kementerian Sosial dan kementerian lainnya,” ujarnya.

“Karena penerima subsidi BBM, keseluruhan penerima subsidi sejatinya harusnya masyarakat miskin dan tidak mampu sehingga data penerima subsidi BBM itu dengan angka Rp 502 triliun menjadi tepat sasaran dan akurat,” sambungnya. (AHM/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini