spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Shalat di Masjid itu Tidak Wajib, Buya Yahya Bilang Yang Wajib itu Shalat

KNews.id – Shalat berjamaah di masjid tentunya memiliki keistimewaan dibanding shalat sendirian dirumah atau ditempat lain. Namun bagaimanakah hukum shalat berjamaah di masjid dalam Islam? Berikut adalah penjelasan Buya Yahya atas pertanyaan salah satu jamaah.

“Apakah shalat berjamaah di masjid itu wajib atau tidak? Kalau memang wajib, apakah shalat di rumah itu tidak diperkenankan?,” tanya salah satu jamaah pada Buya Yahya. Buya Yahya pertama menjelaskan shalat berjamaah, menurut madzhab Imam Syafi’i, Imam Malik, dan Imam Abu Hanifah adalah sunnah yang dikukuhkan, bukan wajib.

- Advertisement -

Dalam madzhab kita, sebagian mengatakan hukum shalat berjamaah di masjid adalah fardhu kifayah.  Jika sudah ada yang melakukan shalat berjamaah di masjid, maka yang lainnya adalah tidak wajib lagi, tapi sunnah yang dikukuhkan. Dalam madzhab Imam Ahmad bin Hanbal dikatakah bahwasanya melakukan shalat berjamaah di masjid adalah wajib.

Makna wajib disini dibagi dua, sebagian mengatakan bahwa jika tidak berjamaah, maka tidak sah. Kedua adalah, sah tapi berdosa, menurut Imam Ahmad bin Hanbal. Shalat Berjamaah di Masjid Tidak Wajib, Melainkan Fardhu Kifayah “Dan madzhab masyarakat kita adalah Imam Syafi’i, maka tetap harus kita katakan bahwa shalat berjamaah di masjid adalah sunnah, pahalanya besar yang harus dikukuhkan,” ujar Buya Yahya.

- Advertisement -

“Apakah kita tidak rindu dengan pahala yang besar? Selagi bisa shalat berjamaah, kenapa tidak shalat berjamaah?,” terang Buya Yahya. Kita tidak akan mengatakan orang yang tidak shalat berjamaah di masjid adalah orang kafir atau fasik, dan berdosa besar.  Akan tetapi mereka hanya kehilangan sunnah yang pahalanya sangat besar, dan hendaknya kita semua rindu akan shalat berjamaah di masjid.

“Sebisa mungkin lakukan shalatlah di masjid. Jika tidak di masjid pun di perusahaan, buat shalat jamaah disana,” ujar Buya Yahya. “Akan mendapatkan pahala 27 yang digambarkan oleh Rasulullah SAW. Dan berusahalah untuk tidak shalat sendirian,” pungkasnya. Buya Yahya juga mengingatkan, jika Anda ketinggalan shalat berjamaah di masjid, maka bisa mengajak siapapun untuk shalat berjamaah dan biasakan untuk shalat berjamaah.

- Advertisement -

“Kalau semuanya sudah shalat berjamaah, dan tinggal Anda saja. Maka ketahuilah, bagi yang sudah melakukan shalat berjamaah, disunnahkan untuk menolong temannya yang belum shalat untuk ditemani,” terang Buya Yahya. Allah SWT melipatgandakan pahala orang-orang yang shalat berjamaah di masjid sebanyak 27 derajat dibanding orang yang shalat sendiri. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh HR. Imam Muslim:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat sendirian.”
(Zs/Tv.1)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini