spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Setelah Wayang, Ustaz Khalid Basalamah Haramkan Kerja di Pabrik Rokok

KNews – Setelah wayang, Ustaz Khalid Basalamah haramkan kerja di pabrik rokok. Ustaz Khalid Basalamah kembali melontarkan pernyatakan kontroversial. membuat publik heboh karena pernyataannya yang mengharamkan bekerja di perusahaan rokok.

Dilansir dari jaringan media Suara, ceramah Ustaz Khalid Basalamah itu video itu diposting oleh oleh akun TikTok @1_onst, dimana dia menjawab pertanyaan dari jamaah peserta kajiannya.

- Advertisement -

Ustaz Khalid Basalamah: Rokok hukumnya haram

“Hukum kerja di perusahaan rokok? Saya jawab nih, haram hukumnya,” kata Ustaz Khalid Basalamah membacakan pertanyaan jamaahnya dan kemudian menjawabnya, seperti yang dikutip Hops.ID pada Senin, 28 Maret 2022.

- Advertisement -

Ustaz yang sebelumnya sempat heboh dengan pernyataannya mengaharamkan wayang itu kemudian menerangkan apabila rokok merugikan kesehatan, karena itu dokter dan pemerintah melarang mengkonsumsinya.

Dia pun menyebut jika ada dokter yang menyatakan rokok menyehatkan, Ustaz Khalid Basalamah akan menganjurkan juga untuk merokok dan bekerja di pabrik produk olahan tembakau tersebut.

- Advertisement -

Rokok haram karena tidak baik bagi kesehatan

“Kalau halal, anggaplah ada satu dokter atau pemerintah yang tulis merokoklah karena anda akan sehat. Silahkan merokok, bekerja di perusahaannya,” jelasnya.

Ustaz Khalid Basalamah juga mengatakan agar para pelaku bisnis, karyawan perusahaan rokok tidak tersinggung. Dia pun menyampaikan permintaan maafnya karena dia menyampaikan sesuai dengan hukum Syariah yang  dipahaminya.

Dia pun menjamin hal itu akan menimbulkan kebaikan bagi diri orang yang tidak merokok.

“Maaf jangan tersinggung temanku, jadi apa yang saya sampaikan sesuai hukum syariah. Memang itu hukum agamanya dan ini pasti demi kebaikan anda,” ungkapnya.

Minta para pekerja pabrik rokok berhenti malam ini juga

Ustaz Khalid Basalamah juga menyarankan agar para pekerja pabrik rokok segera untuk segera berhenti atau mengundrukan diri. Ini agar tidak terus makan uang atau berpenghasilan dari sesuatu yang haram.

Itu lantaran, menurutnya, akan lebih berat hukumnya jika semakin lama bekerja di pabrik rokok.

“Kalau tidak malam ini (mengundurkan diri) sampai kapan anda makan yang haram. Kan lebih berat hukumannya,” ujarnya menyarankan.

Menurutnya masih banyak pekerjaan lain yang tidak diharamkan menurut agama. Dia pun menyebut semut pun yang meski di lubang kecil diberikan rezeki oleh Allah, apalagi manusia yang berada di alam yang luas.

Maka lebih baik jangan bekerja lagi di situ. Kerja di tempat yang lain, banyak pekerjaan. Semut aja di lubang yang kecil, Allah kasih rezeki, apalagi dengan manusia,” tandasnya. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini