spot_img
Sabtu, Juni 15, 2024
spot_img

Sesuai Mandat Nadiem Makarim, Sekolah SMP se-Indonesia Tidak Menerima Siswa Baru yang Seperti Ini

KNews.id – Mendikbud Nadiem Makarim telah menetapkan peraturan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi siswa SD SMP SMA. Peraturan PPDB bagi siswa SD SMP SMA tersebut diatur oleh Nadiem Makarim dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Usia calon peserta didik baru mulai dari jenjang SD SMP SMA ditetapkan oleh Nadiem Makarim dalam peraturan tersebut. Perlu diketahui, dalam peraturan menteri tersebut, Nadiem Makarim menetapkan persyaratan-persyaratan bagi calon siswa baru termasuk jenjang SMP.

- Advertisement -

Calon siswa baru jenjang SMP maksimal berusia 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Selain itu, calon siswa baru jenjang SMP wajib telah menyelesaikan kelas 6 SD atau yang sederajat.

Dua persyaratan tersebut diatur oleh Nadiem Makarim dalam pasal 5 Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Bagi sekolah SMP di Indonesia wajib mengikuti ketentuan dalam Permendikbud tersebut.

- Advertisement -

Sehingga, seluruh SMP di Indonesia tidak boleh menerima calon siswa baru yang usianya lebih dari 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Selain itu, SMP di Indonesia dilarang menerima calon siswa baru yang belum menyelesaikan kelas 6 SD.

Itulah informasi terkait sekolah SMP di Indonesia dilarang menerima siswa baru yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Nadiem Makarim seperti dilansir dari Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 pada Kamis 30 Mei 2024.

- Advertisement -

(Zs/KP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini