spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Sepuluh Ormas Islam Terpopuler di Indonesia

KNews.id-Buka hanya Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah organisasi masyarakat berpaham Ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) di Indonesia. Luasnya geografis Indonesia dari Sabang sampai Merauke membuat lahir banyak ormas-ormas yang juga berpaham Aswaja. Mereka mengajarkan dan bergerak sesuai dengan aspirasi masyarakat Muslim lokal setempat.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa NU dan Muhammadiyah merupakan ormas terbesar di Indonesia dengan jumlah anggotanya mencapai puluhan juta. Anggotanya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dua ormas ini juga yang selalu menjadi rujukan kuat di setiap fatwa-fatwanya baik dalam kehidupan agama, sosial, ekonomi, pendidikan dan politik.

- Advertisement -

Nahdlatul Ulama merupakan organisasi yang berdiri pada 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur. Beberapa pendiri organisasi ini adalah Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari, Abdul Wahab Hasbullah dan Bisri Syansuri. Organisasi ini bersama para tokoh-tokohnya sudah terlibat dalam pembangunan Indonesia sejak sebelum kemerdekaan.

Adapun Muhammadiyah berdiri lebih dulu dari NU. Organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 di Yogyakarta. Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari sejatinya adalah teman dan memiliki guru yang sama ketika di Makkah. Tetapi mereka berjuang di bawah benderanya masing-masing.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini