spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Semakin Jelas, Jokowi Beri Arahan Khusus Soal IKN

KNews – Semakin jelas, Jokowi beri arahan khusus soal IKN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan khusus terkait target pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang harus rampung sebelum 16 Agustus 2024.

Sebagaimana diketahui proses pembangunan mega proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru ini telah dimulai.

- Advertisement -

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Regional II Bappenas, Mohammad Roudo mengungkapkan terkait target tersebut tentunya melihat kondisi yang terjadi di lapangan.

“Presiden merencanakan untuk pindah sebelum 16 Agustus 2024. Tapi kita masih lihat dulu seperti apa kondisinya,” kata dalam diskusi Forum Merdeka Barat, pada Rabu, 2 Februari 2022.

- Advertisement -

Roudo memaparkan berdasarkan masterplan sendiri, untuk pemindahan tahap awal tahun 2022-2024, pemerintah membangun infrastruktur dasar seperti air hingga energi untuk penduduk.

Selain itu, pada tahap awal juga pemerintah bakal membangun Istana Kepresidenan hingga gedung-gedung perkantoran.

- Advertisement -

Kemudian, beranjak pada tahun 2025-2035, fokus pembangunan IKN yakni penyelesaian pemindahan. Pada tahap ini, pemerintah mulai menarik pihak swasta untuk membangun gedung-gedung mereka di kawasan IKN.

“Sehingga nanti bisa menarik pihak swasta, bisa buat market atau pasar baru di sana. Kemudian pengembangan sektor ekonomi prioritas, dan fase kota, misal pusat inovasi dan ekonomi,” jelas Roudo.

“Di tahun 2035-2045 itu kita mencoba mendorong dan memantapkan konektivitas, bagaimana nanti IKN ini dengan kota-kota besar di sana,” imbuhnya. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini