spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Selama 70 Tahun Hubungan Indonesia dan China Makin Erat dan Bersahabat

KNews.id- Hubungan bilateral yang terjalin antara ke dua negara yakni Indonesia dan Tiongkok memasuki usia 70 tahun. Di mana, China mendukung Indonesia untuk menjadi pusat produksi vaksin regional di tengah pandemi virus Covid-19. Duta besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, menjelaskan, China dan Indonesia juga saling membantu saat pandemi Corona merebak.

“Indonesia membantu pasokan medis saat Tiongkok berjuang melawan pandemi, sedangkan Tiongkok menawarkan bantuan medis dan berbagi pengalaman soal penanganan Corona kepada Indonesia. Mendadak, pemerintah dan rakyat kedua negara ini bahu-membahu dan bergotong royong,” ungkapnya, dikutip dari program News Screen Evening IDX Channel, Rabu (10/2).

- Advertisement -

Sementara dari sektor perdagangan dan investasi, Tiongkok menyatakan ingin terus mempertahankan posisi sebagai mitra dagang terbesar dan negara asal investasi kedua dari Indonesia.

Data tahun 2020 menunjukkan volume perdagangan bilateral Tiongkok dan Indonesia mencapai USD78,37 miliar. Begitu pula dengan impor Tiongkok dari Indonesia meningkat 10,13% mencapai USD37,37 miliar.

- Advertisement -

Untuk sektor investasi, saat ini telah berinvestasi dalam proyek proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang menjadi bagian upaya koridor ekonomi komprehensif regional. (Ikh)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini