spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Selain AHY, Aher, dan Khofifah, 2 Kandidat Cawapres Anies Ternyata Tokoh di Luar Koalisi

KNews- Bocoran kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang bakal mendampingi Bakal Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan semakin mengerucut. Hal ini setelah adanya lima nama yang diakui Anies telah dikantongi.

Meski kelima nama tersebut belum diungkap oleh Anies langsung, namun bocoran sudah santer terdengar. Seperti yang diungkap Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman dengan menyebutkan tiga nama dari kelima tokoh yang bakal jadi kandidat Cawapres.

- Advertisement -

Yakni, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

“Ya mungkin ada mas AHY (usulan dari Partai Demokrat), ada Kang Aher (usulan dari PKS). Kemudian dari NasDem (usulan) kan menyodorkan Ibu Khofifah. (sudah diusulkan ke Anies) Iya kan tadi yang ada di meja koalisi,” bebernya usai peresmian pembangunan Gedung Universitas Paramadina, Selasa (23/5).

- Advertisement -

Namun untuk kedua tokoh sisanya yang belum disebutkan nama, Sohibul hanya membocorkan kalau dua nama itu sosok tokoh yang berada di luar koalisi Partai Demokrat, PKS, dan NasDem.

“Iya itu (dua nama dari luae koalisi) yang kita yang kita usulkan dari tim delapan itu. Kalau kita sebutin semuanya ya gimana. Biar jadi teka teki,” kata Sohibul.

- Advertisement -

Kendati demikian, Sohibul yang juga merupakan perwakilan dari PKS dan masuk dalam Tim Kecil atau Tim Delapan menegaskan kandidat Cawapres akan dipilih Anies hanyalah lima nama yang telah disodorkan.

“Kalau dari yang bukan di meja koalisi ya gak bisa dong,” ucapnya.

Hal itu, lanjut Sohibul, juga sejalan dengan yang disampaikan Anies kalau Cawapresnya akan berasal dari lima nama yang telah dikantonginya.

“Kalau berkaca dari apa yang disampaikan Pak Anies. Pak Anies sampaikan, beliau akan mengambil Wapres dari yang ada di meja koalisi,” ujarnya.

Adapun saat ini, Sohibul mengakui bila koalisi hanya tinggal menunggu satu nama yang bakal dipilih Anies sebagai Cawapres. Nama itu, merupakan hasil lima nama yang telah ada dikantong mantan Geburnur DKI tersebut.

“Nah setelah itu kita semua punya kesepakatan yang mengerucutkan nama itu Pak Anies. Ya awalnya lima, dan sekarang kan Pak Anies sudah menyampaikan dia mengerucutkan dan sedang fokus berarti sudah tidak lima dong (mungkin sudah dikerucutkan),” ujarnya.

Sebelumnya, Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Untuk Persatuan Anies Baswedan mengaku telah mengantongi nama bakal calon wakil presidennya. Namun, Anies belum mau membukanya ke publik.

“Lalu terkait dengan wakil, hari Sabtu kemarin ditanyakan, hari Minggu ditanyakan, belum ada update,” kata Anies usai menghadiri acara ‘Temu Kebangsaan Relawan’ di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (21/5).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin ada efek kejut saat ia mengumumkan cawapres. Sehingga, dia tak ingin menyampaikannya sekarang.

“Nanti kita lihat, supaya ada kejutannya dong. Kalau dikasih kriteria sekarang, kemudian enggak jadi lagi kejutan dong,” tutur Anies.

Anies enggan merinci kriteria cawapresnya sekarang. Menurutnya, sosok itu bisa laki-laki atau perempuan.

“Pokoknya namanya udah ada di kantong, begitu. Bisa laki, bisa perempuan, macam-macam,” tutupnya. (RZ/LE)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini