spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Sejarah dan Filosofi Bunga Matahari Sebagai Simbol Ukraina

KNews – Sejarah dan filosofi bunga matahari sebagai simbol Ukraina. Bunga yang disukai oleh banyak orang ini ternyata jadi simbol negara Ukraina. Berikut ini ulasan mengenai sejarah dan filosofi bunga matahari sebagai simbol perdamaian dari Ukraina untuk Rusia.

Sebagaimana diketahui Ukraina merupakan produsen dan pengekspor biji dan minyak bunga matahari terbesar di dunia.

- Advertisement -

Menurut laporan RussianFlora, bunga matahari bermakna sebagai kehangatan dan kekuatan matahari.

Filosofi lainnya, bunga matahari jadi lambang energi, kehidupan, dan kesejahteraan. Sementara di dunia Barat bunga melambangkan pemujaan, kesetiaan, dan umur panjang dan di Ukraina bermakna kesuburan dan persatuan.

- Advertisement -

Namun terlepas dari belahan dunia mana mereka tumbuh, bunga matahari dikenal sebagai ‘bunga bahagia’ yang mampu membawa kegembiraan dan meningkatkan mood siapa pun yang melihat mekarnya bunga ini.

Sementara menyitat flowerplowerdaily.com, seorang designer Luba Rudenko pernah menjelaskan saking cintanya rakyat Ukraina pada bunga matahari di mana-mana mereka selalu mengabadikannya.

- Advertisement -

“Anda melihat bunga matahari di pekarangan rumah desa. Bunga tersebut ditenun menjadi karangan bunga (venki) untuk dikenakan anak perempuan pada perayaan. Mereka disulam pada kain dan dilukis di dinding, perabotan kayu, dan barang-barang rumah tangga dalam seni rakyat yang disebut petrykivka,” ujar Luba Rudenko.

Pada 24 Februari 2022 lalu, bunga matahari telah menjadi pembawa pesan perdamaian saat seorang wanita berhadapan dengan seorang tentara Rusia bersenjata lengkap.

Dia menawari biji bunga matahari, sehingga bunga tersebut bisa mekar jika tantara tersebut meninggal.

Wanita itu dipuji sebagai pahlawan. “Ambil biji-biji ini dan masukkan ke dalam sakumu”, kata wanita itu. Cuplikan video antara Wanita dan sang tentara telah beredar luas di jagad online dan ditonton sebanyak 6 juta kali.

Adapun bagi tentara wanita Ukraina yang berbaris untuk berperang membela negara, mereka meletakkan bunga di rambut mereka yang terdiri dari bunga nasional bunga matahari yang dipasangkan dengan bunga biru. Hal ini karena bendera Ukraina berwarna biru dan kuning.

Sementara di Olimpiade Tokyo 2020 lalu, bunga matahari digunakan dalam karangan bunga untuk menunjukkan ketahanan.

Dahulu, orang tua dari anak-anak yang meninggal setelah tsunami kemudian pergi ke daerah Miyagi untuk menanam bunga matahari dan mengenang nyawa tak berdosa yang hilang.

Bunga matahari ditanam untuk mengenang mereka meskipun wilayah tersebut terkenal dengan bunga mawar. Kelopak kuning cerah pada bunga matahari melambangkan kebahagiaan. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini