spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Segini Tarif Ongkos Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibanding Biaya Tol

KNews.id – Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang hingga saat ini masih berlangsung pembangunannya akan memiliki tarif Rp 250 ribu – 300 ribu untuk sekali jalan.

Jika dibandingkan dengan biaya tol Jakarta Bandung golongan 1 untuk mobil pribadi, tarif KCJB memang sedikit lebih mahal ketimbang biaya tol. Diketahui tarif tol Jakarta Bandung berkisar mulai Rp 63.000 hingga Rp 72.500.

- Advertisement -

Meski lebih mahal, hal Ini dinilai banyak pihak sepadan dengan efisiensi waktu yang hanya akan menempuh waktu 45 menit Jakarta-bandung. Sedangkan jika lewat tol akan menempuh sekitar 2,5 jam. Waktu tempuh tersebut akan lebih lama jika terjadi kemacetan di ruas jalan tol yang sering terjadi.

Lebih lanjut, saat menghadiri kegiatan Penyelesaian Manufaktur EMU (electric multiple unit) Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan nantinya kereta cepat ini melayani sebanyak 68 perjalanan setiap harinya dan berhenti di lima stasiun.

- Advertisement -

“Dengan harga tiket yang tergolong terjangkau, penumpang dapat menikmati fasilitas selama perjalanan. Selain aspek keselamatan, manfaat efisiensi waktu jadi aspek lain yang nggak dapat dijumpai ketika menggunakan kendaraan pribadi,” ujarnya, dikutip Sabtu (6/8/2022).

“Dengan beroperasinya KCJB diharapkan bisa meningkatkan konektivitas dari pergerakan dinamis masyarakat serta didukung pemerataan ekonomi di berbagai wilayah,” tambahnya.

- Advertisement -

Sebagai informasi, rangkaian electric multiple unit (EMU) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China pada Jumat (5/8) kemarin. Kereta yang terdiri dari 11 rangkaian tersebut telah selesai diproduksi pada April 2022 oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China.

EMU merupakan rangkaian kereta cepat spesifikasi canggih dan mampu memonitor bahaya, seperti bencana gempa bumi, banjir, serangan objek asing, serta tahan api. Oleh karenanya, rangkaian EMU dan CIT disebut sesuai dengan kondisi geologis di Pulau Jawa.

Hingga saat ini, progres pengerjaan proyek KCIC telah mencapai 85 persen, dan masih menyisakan beberapa pekerjaan tunnel 2, preloading, track laying dan penyelesaian stasiun

Kemenhub menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dapat menjalani tes dinamis pada November 2022 atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia. (OZI/CN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini