spot_img
Kamis, Mei 16, 2024
spot_img

Segini Kekayaan Pangeran MBS yang Baru Menemui Anies Hingga Ganjar

KNews.id – Dua bakal calon Presiden RI, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan baru saja melangsungkan pertemuan bersama Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS). Pertemuan itu berlangsung pada Kamis (29/6/2023), saat keduanya berada di Arab Saudi dalam rangka ibadah haji.
Putra Mahkota MBS merupakan putra dari raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz, tepatnya dari istri ketiganya Fahdah binti Falah bin Sultan. Pria kelahiran Agustus 1985 ini telah menduduki posisi sebagai putra mahkota sejak 21 Juni 2017 silam. Pada 2022 lalu, ia resmi diangkat sebagai Perdana Menteri (PM) Arab Saudi.

Sebagaimana dilansir dari laman CAKnowledge, Sabtu (1/7/2023), MBS diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 25 miliar atau setara Rp 375 triliun (kurs Rp 15.000/US$). Sebagian besar uang itu berasal dari warisan Kerajaan serta dari urusannya di luar Arab Saudi.

- Advertisement -

Sementara itu dikutip dari Zeenews, Putra Mahkota Arab Saudi itu dilaporkan memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 5 miliar atau setara Rp 75 triliun. Namun memang banyak yang berspekulasi bahwa penguasa Arab secara de facto itu mungkin memiliki kekayaan hingga US$ 25 miliar.

Selain dari warisan kerajaan, kekayaan MBS juga datang dari berbagai sumber. Pertama yaitu dari saham Aramco, salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Beberapa waktu lalu, ia juga mengalihkan saham Saudi Aramco ke Dana Investasi Publik atau Public Investment Fund (PIF) untuk meningkatkan investasi asing di sektor energi Kerajaan. Selain itu, MBS juga telah membeli Klub Liga Inggris Newcastle pada 2021 silam.

- Advertisement -

Menurut catatannya, ia juga sempat menghabiskan hartanya untuk berinvestasi pada sejumlah barang-barang mewah. Pada 2015 silam MBS menghabiskan US$ 299 juta atau setara Rp 4,48 triliun untuk mengakuisisi properti termahal di dunia yakni bernama Chateau Louis XIV di Prancis. Kemudian, pada 2017 silam ia juga membeli superyatch bernama Serene seharga US$ 500 juta atau setara Rp 7,5 triliun.

Tak mengherankan MBS memiliki kekayaan yang berlimpah. Hal ini tercermin pula dari kekayaan ayahnya dan keluarganya. Menurut catatan detikcom, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menduduki posisi sebagai raja terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih US$ 18 miliar atau setara Rp 270 triliun.

- Advertisement -

Adapun keluarga kerajaan Arab Saudi diketahui merupakan Keluarga Saud. Secara keseluruhan, kekayaan bersih gabungan House of Saud diperkirakan mencapai US$ 1,4 triliun atau setara Rp 21.000 triliun. Jumlah ini 16 kali lebih kaya dari Keluarga Kerajaan Inggris senilai US$ 88 miliar atau setara Rp 1.320 triliun. (Zs/Fin.Dtk)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini