spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Segera Periksa Gibran dan Kaesang, Politikus PKS Desak KPK

KNews – Segera periksa Gibran dan Kaesang, politikus PKS desak KPK. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera memeriksa dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka (Gibran) dan Kaesang Pangarep (Kaesang) diduga terlibat tindak pidana pencucian uang (TPPU) berkaitan dengan dugaan KKN relasi bisnis anak presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan.

“KPK harus segera periksa: Kaesang dan Gibran,” kata politikus PKS Refrizal di akun Twitter-nya @refrizalskb, Selasa (11/1/2022).

- Advertisement -

Refrizal menyatakan seperti itu menanggapi berita dari Radar Solo Jawa Pos berjudul “Ditanya Soal PT SM yang Terlibat Pembakaran Hutan, Gibran: Tanya Kaesang”.

Pada Senin (10/1), Ubedilah Badrun didampingi kuasa hukumnya mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Dia melayangkan laporan atas Gibran dan Kaesang yang diduga terlibat tindak pidana pencucian uang (TPPU) berkaitan dengan dugaan KKN relasi bisnis anak presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan. Ubedilah mengatakan, laporan itu diawali tahun 2015.

- Advertisement -

Perusahaan PT SM terlibat pembakaran hutan dan mendapat tuntutan Rp7,9 triliun. Namun dalam lembar putusan, Mahkamah Agung hanya mengabulkan tuntutan Rp78 miliar.

Empat tahun berselang, kedua anak presiden itu membangun usaha bersama anak petinggi PT SM.

- Advertisement -

“Karena ada hubungannya dengan keuangan negara. Jabatan Presiden, ketika punya anak, dan anaknya berelasi dengan pebisnis, dan para pebisnis ini ternyata membentuk perusahaan bersama-sama, lalu dari PT SM ini memberikan modal dengan angka yang cukup besar, dan sekarang petinggi dari PT SM itu diangkat menjadi duta besar,” kata Ubedilah, mengutip dari kanal YouTube Liputan6 SCTV pada Selasa (11/1). (RKZ/sn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini