spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Segera Panggil, Mantan Menteri Puan, Berikut Dosa-dosa Kemenko PMK

KNews.id- Dalam kurun waktu 2015 sampai semester 1 2017, sedikitnya ditemukan 86 kasus dugaan penyelewengan terkait proyek atau kegiatan yang dijalankan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Dari 86 temuan, 16 di antaranya terjadi pada semester 1 2017. Hal ini menunjukkan bagaimana masifnya permainan proyek yang dilakukan oknum di Kemenko PMK.

- Advertisement -

Adapun modus-modus yang dilakukan di antaranyab:

  • Pos belanja yang dalam perencanaan masuk ke dalam belanja modal, tapi dalam praktiknya digunakan untuk belanja barang
  • Kekurangan Volume Pekerjaan
  • Kelebihan pembayaran yang disebabkan oleh sebab lain (selain Kekurangan Volume) 
  • Ada juga belanja perjalanan dinas yang tidak sesuai ketentuan

Contoh proyek yang terindikasi bermasalah misalnya terkait pengelolaan gedung kantor. Proyek Jasa Pengelolaan gedung kantor Kemenko PMK yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat No.3 – Jakarta Pusat rutin dijalankan setiap tahun.

- Advertisement -

Tercatat, proyek jasa pengelolaan gedung kantor tahun anggaran 2017 dan 2018 dimenangkan oleh satu perusahaan yang sama. Yakni perusahaan bernama Sumber Guna Dinamis, beralamat di Ruko Pondok Gede Indah Jl. Raya Pondok Gede No. 18 C Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Total nilai proyek yang didapatkan Sumber Guna Dinamis sebesar Rp24.905.077.933.

Lanjutnya, dimenangkannya oleh Sumber Guna Dinamis, hal ini terasa janggal, melihat dari perusahaan lain yang mengikuti proses lelang terdapat tawaran yang lebih efisien, namun gugur.

- Advertisement -

Selain proyek pengelolaan gedung kantor, dugaan permainan proyek juga terjadi dalam program revolusi mental. Terindikasi proyek-proyek yang dijalankan satuan kerja ini tidak sesuai ketentuan.

Adapun modus yang dilakukan oknum Satuan Kerja Revolusi Mental dalam memainkan proyek cukup banyak. Seperti proses penetapan rekanan tidak memadai, beda harga dengan spesifikasi yang sama dengan pelaksana berbeda, kesamaan telepon penyedia yang dimintai pemasukan referensi harga.

Sementara itu, contoh proyek yang terindikasi bermasalah dan di bawah tanggung jawab satuan kerja revolusi mental adalah proyek pengadaan jasa sosialisasi gerakan nasional revolusi mental melalui media televisi tahun anggaran 2015 dan 2016.

Proyek ini selalu dimenangkan oleh perusahaan yang sama, yakni PT. Taktik Promo Sukses yang beralamat di Jl. Kaimun Jaya No.17, Cilandak Barat Jakarta Selatan. Total nilai proyek yang didapatkan perusahaan ini sebesar Rp109.838.079.89.

Berdasarkan data di atas, ha ini harus dibongkar, untuk kepentingan masyarakat. Jika perlu panggil mantan Menteri Puan Maharani untuk dimintai keterangan. (FT&Tim Investiator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini