spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Sebut Putin Putus Asa, Biden: Rusia dapat Menggunakan Senjata Kimia!

KNews.id- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa tuduhan palsu Rusia bahwa Ukraina memiliki senjata kimia dan biologis adalah “tanda yang jelas” bahwa Vladimir Putin yang putus asa sedang mempertimbangkan untuk menggunakannya sendiri.

Presiden AS itu mengatakan posisi presiden Rusia itu dalam posisi yang buruk yang bisa memaksanya melakukan sesuatu untuk menghindari kegagalan.

- Advertisement -

“Dan sekarang dia berbicara tentang false flag yang dia buat termasuk, menegaskan bahwa kita di Amerika memiliki senjata biologis dan kimia di Eropa – sama sekali tidak benar. Saya jamin,” kata Biden dalam sebuah acara.

“Mereka juga menyarankan bahwa Ukraina memiliki senjata biologi dan kimia di Ukraina. Itu pertanda jelas dia mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya. Dia sudah menggunakan senjata kimia di masa lalu, dan kita harus berhati-hati dengan apa yang akan terjadi,” imbuhnya.

- Advertisement -

“(Putin) tahu akan ada konsekuensi berat karena front persatuan NATO,” ujarnya, tanpa merinci tindakan apa yang akan diambil aliansi tersebut seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (22/3).

Pernyataan Biden itu menguatkan pernyataan sebelumnya oleh pejabat di Washington dan negara-negara sekutu, yang menuduh Rusia menyebarkan klaim yang belum terbukti bahwa Ukraina memiliki program senjata biologis sebagai kemungkinan awal untuk berpotensi meluncurkan serangan biologis atau kimianya sendiri.

- Advertisement -

Biden mengeluarkan pernyataan itu setelah Pentagon mengatakan telah melihat “bukti yang jelas” pasukan Rusia melakukan kejahatan perang dan membantu mengumpulkan bukti. Biden juga mengatakan Rusia menggunakan rudal hipersonik untuk menghancurkan gudang senjata pada hari Sabtu.

“Karena itu satu-satunya hal yang dapat mereka lewati dengan kepastian mutlak,” ujarnya.

Seorang pejabat pemerintah AS pada Senin malam mengklarifikasi bahwa Biden mengkonfirmasi penggunaan rudal canggih semacam itu oleh Rusia, tetapi mencatat bahwa dampak serangan itu tidak diketahui.

Seorang pejabat senior pertahanan AS sebelumnya mengajukan pertanyaan tentang legitimasi laporan Rusia. Pekan lalu, presiden AS itu mengatakan dia pikir Putin adalah “penjahat perang”, serta “diktator pembunuh” dan “penjahat”, komentar yang oleh Kementerian Luar Negeri Rusia dianggap “tidak layak untuk tokoh negara yang posisinya sangat tinggi” dan berisiko merusak hubungan AS-Rusia. Invasi Rusia sebagian besar terhenti, gagal merebut kota besar mana pun, tetapi menyebabkan kehancuran besar-besaran di daerah pemukiman.

Pengadilan internasional PBB telah memerintahkan Moskow untuk menghentikan invasinya , dan seorang jaksa di pengadilan kriminal internasional telah meluncurkan penyelidikan kejahatan perang. (AHM/sindw)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini