spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Sebelum Punya Asuransi Unit Link, Pahami Tiga Profil Risiko ini

KNews – Sebelum punya asuransi unit link, pahami tiga profil risiko ini. Asuransi Unit Link adalah produk asuransi jiwa yang menawarkan layanan fitur tambahan untuk memudahkan konsumen yang ingin mendapatkan proteksi tapi juga ingin berinvestasi.

Selain dana proteksi jiwa, sebagian premi yang dibayarkan oleh nasabah akan dialokasikan juga untuk diinvestasikan pada produk-produk investasi.

- Advertisement -

Perlu dipahami, bahwa Unit Link bukan merupakan produk tabungan. Selain untuk keperluan proteksi, sebagian premi yang dibayarkan oleh konsumen akan dialokasikan untuk pengembangan dana atau investasi.

Meski demikian, nasabah sering kali belum memahami profil risiko ketika memilih produk asuransi Unit Link.

- Advertisement -

Untuk itu, sebelum membeli, pastikan untuk memahami tiga profil risiko berikut.

1. Konservatif 

Profil risiko ini memiliki tingkat potensi kerugian paling kecil. Sehingga, profil ini cocok bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam jumlah kecil pula.

- Advertisement -

Umumnya, dana investasi akan dialokasikan pada instrumen yang relatif beresiko rendah seperti deposito. Meskipun demikian, tingkat keuntungan investasi ini juga yang paling kecil dari ketiganya.

2. Moderat

Kemudian, profil risiko moderat memiliki tingkat potensi kerugian yang lebih tinggi. Profil ini cocok bagi mereka yang bisa mentoleransi kerugian dalam jumlah yang lebih besar.

Umumnya, dana investasi akan dialokasikan pada instrumen seperti Surat Berharga Negara. Adapun tingkat keuntungan investasi ini lebih tinggi dibandingkan konservatif.

3. Agresif

Terakhir, profil risiko agresif memiliki tingkat potensi kerugian yang paling  tinggi. Profil ini cocok bagi calon nasabah yang tertarik berinvestasi dalam jumlah yang besar.

Umumnya, sebagian besar dana investasi akan dialokasikan pada saham. Dengan risiko yang tinggi, tingkat keuntungan investasi ini juga menjadi yang tertinggi diantara dua lainnya.

Ketika memilih produk unit link, seperti asuransi jiwa dari Allianz Indonesia, nasabah harus memahami profil risikonya masing-masing. Dengan demikian, nasabah akan mampu mentoleransi potensi kerugian di kemudian hari.

Allianz sendiri memiliki memiliki produk asuransi SmartLink Flexi Account Plus dan SmartLink New Flexi Account Plus. Keduanya adalah produk asuransi yang memiliki proteksi asuransi sekaligus nilai tambah investasi. Selain proteksi kesehatan yang lengkap, produk-produk ini memiliki 6 alokasi investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Alokasi-alokasi tersebut yaitu, (I) Smartlink Rupiah Money Market Fund, (II) Smartlink Rupiah Fixed Income Fund, (III) Smartlink Rupiah Balanced Fund, (IV) Smartlink Rupiah Balanced Plus Fund, (V) Smartlink Rupiah Equity Fund, (VI) Smartlink Dollar Managed Fund.

Dengan fleksibilitas tersebut, pastikan memilih Unit Link yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko. Tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi jiwa Unit Link dari Allianz Indonesia. (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini