spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Sebanyak 13 Juta Nasabah akan Membanjiri Bank Syariah BUMN

KNews.id- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan merger bank syariahBank Mandiri SyariahBank BRI Syariah, dan Bank BNI Syariah akan membuat perbankan naik kelas. Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wiroatmodjo, menyakini bahwa merger bank syariah BUMN akan naik kelas ke Buku IV yang ditargetkan selama satu tahun. Serta akan kebanjiran 13 juta nasabah baru di Bank Syariah BUMN.

“Diharapkan dalam waktu 1-2 th ke depan akan masuk ke buku 4 dengan jaringan kantor 1.200 cabang diharapkan jumlah nasabah bisa mencapai 13 juta. Ini lompatan besar yang diharapkan menjadi katalis pertumbuhan perbankan syariah,” kata Kartika dalam video virtual, Rabu (9/12). 

- Advertisement -

Menurutnya, penggabungan perbankan syariah di Indonesia bisa melompat dalam lima tahun ke depan menjadi 10 bank syariah dengan skala yang besar. Serta bakal menarik investor global untuk berinvestasi ke Indonesia. 

“Kami sangat optimistis bisa menjadi pemain yang akan mendorong konsolidasi denga core competence syariah yang kuat,” imbuhnya.

- Advertisement -

Dia menambahkan Pemerintah bakal mengembangkan perbankan syariah ini secara lebih agresif dan lebih tajam dengan meningkatkan pengawasan regulasi.

“Kita memastikan kecukupan likuiditas dan meningkatkan manajemen risiko,” bebernya.

- Advertisement -

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, membeberkan pengangkatan Hery Gunardi sebagai Direktur Utama Bank Syariah hasil merger. Hal itu disampaikan melalui akun Instagramnya @erickthohir.

Dalam keterangannya, baik Erick dan Hery mendatangi kediaman Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kedatangan tersebut untuk melaporkan hasil merger dan pengembangan tiga bank syariah plat merah. Ketiga bank tersebut adalah PT Bank BRIsyariah Tbk. (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan PT Bank BNI Syariah (BNIS).

Dalam sesi pertemuan itu, Erick membeberkan jika Hery Gunardi lah sebagai dirut Bank Syariah BUMN.

“Alhamdulillah, mendapat banyak masukan dan saran saat mengadakan pertemuan dengan Wapres @kyai_marufamin untuk melaporkan rencana kerja merger Bank Syariah bersama dengan Dirut Bank Syariah Himbara,” tulis Erick. (Ade)

Sumber: WartaEkonomi

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini