spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Sayuran Tinggi Kalsium, Bagus Buat yang Punya Alergi Susu

KNews.id – Selain susu, sayuran juga termasuk jenis makanan yang bisa jadi sumber kalsium. Apa saja sayuran yang tinggi kalsium?

Kalsium jadi salah satu mineral penting terutama berkaitan dengan kesehatan dan pertumbuhan tulang. Konon jika ingin tumbuh tinggi dan tulang sehat, minumlah susu yang mengandung banyak kalsium. Tapi, tidak semua orang bisa minum susu, entah itu alergi atau memang tidak suka susu.

- Advertisement -

Orang yang tak minum susu juga sering “dicap” kekurangan kalsium. Padahal untuk memenuhi kebutuhan kalsium tidak melulu susu jadi jawabannya. Ada juga loh, sayuran yang tinggi kalsium dan bisa jadi pengganti susu.

Memang apa saja sayuran tinggi kalsium? Berikut daftarnya:

1. Kale

Sayuran ini ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi. Setiap 100 gram kale di dalamnya terdapat 132 miligram kalsium. Jumlah tersebut bisa memenuhi kebutuhan kalsium hingga 10 persen.

- Advertisement -

2. Bayam

Satu cangkir bayam mentah mengandung 29,7 miligram kalsium. Sama dengan kale, bayam juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 10 persen.

3. Brokoli

Ilustrasi. Brokoli termasuk sayuran yang tinggi kalsium. (iStockphoto/Mizina)
Dua cangkir brokoli mentah mengandung 86 miligram kalsium. Sayuran ini juga mengandung hampir dua kali lipat vitamin C dari jeruk. Makanya tidak heran kalau brokoli jadi salah satu sayuran sehat yang sering jadi rujukan untuk dikonsumsi anak-anak.

4. Parsley

Parsel juga tinggi kalsium. Bahkan saat Anda mengkonsumsi satu cup parsley dalam sehari maka kebutuhan kalsium yang bisa terpenuhi sebanyak enam persen.

5. Pakcoy

Ilustrasi. Pakcoy termasuk sayuran yang tinggi kalsium. (iStockphoto/klaikungwon)
Salah satu sayuran yang mudah diolah, pakcoy ternyata tinggi kalsium. Untuk 100 gram saja ada sekitar 93 miligram kalsium yang terkandung di dalam sayuran hijau ini. Bukan hanya itu, sayuran ini juga mengandung berbagai mineral dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Itulah lima jenis sayuran yang mudah ditemukan, enak, harganya murah tapi bisa jadi alternatif pengganti susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini