spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Sayuran Pembakar Lemak Yang Membantu Proses Berat Badan

KNews.id – Beberapa sayuran ampuh untuk mengecilkan perut buncit. Apa saja?
Sayuran menjadi salah satu jenis makanan yang disarankan dalam diet sehat.
Pada dasarnya, semua sayuran memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Namun, beberapa sayuran pembakar lemak yang bisa membantu proses penurunan berat badan. Umumnya, sayuran yang direkomendasikan adalah sayuran rendah kalori, tinggi serat, protein, dan nutrisi bermanfaat lainnya.

- Advertisement -

Sayuran untuk mengecilkan perut buncit

Bagi Anda yang ingin menghempas lemak di perut, ada beberapa sayuran yang patut dicoba. Berikut di antaranya, merangkum berbagai sumber.

1. Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran rendah kalori. Kandungan airnya bahkan mencapai 91 persen. Sekitar 90 gram bayam juga mengandung sebanyak 2 gram serat dan 2,5 gram protein. Selain itu, bayam juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Mengutip Health, sebuah penelitian menemukan, asupan bayam setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan.

- Advertisement -

2. Kembang kol
Sama seperti bayam, kembang kol juga tinggi serat dan protein. Kandungan serat yang ada di dalamnya membuat kembang kol jadi salah satu sayuran untuk mengecilkan perut buncit.

3. Wortel
Ilustrasi. Wortel, salah satu sayuran untuk mengecilkan perut buncit. (Kander/Wikipedia)
Sayuran pembakar lemak berikutnya adalah wortel. Dalam 100 gram wortel yang telah diiris biasanya mengandung sekitar 3,4 gram serat.

Sebuah studi menemukan, sering konsumsi wortel berkaitan dengan penurunan angka indeks massa tubuh (BMI) dan tingkat obesitas.

4. Paprika
Paprika juga dikenal sebagai salah satu sayuran rendah kalori. Dalam 130 gram paprika biasanya hanya terkandung 39 kalori. Selain itu, paprika juga dikenal akan kandungan vitamin C. Penelitian menemukan, asupan vitamin C yang lebih tinggi terkait dengan angka BMI yang ideal.

5. Buncis
Buncis sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam 180 gram buncis biasanya mengandung 3,8 gram serat, 2,2 gram protein, dan 37 kalori. Anda bisa taburi buncis dengan bawang putih, minyak zaitun, dan merica. Panggang buncis selama 25 menit di dalam oven.

6. Kacang edamame
Meski punya kadar kalori yang lebih tinggi daripada sayuran lainnya, namun edamame dikenal sebagai sumber serat dan protein yang baik. Dalam 150 gram kacang edamame kupas mengandung 18 gram protein dan 8 gram serat.

Protein sendiri dikenal ampuh dalam membantu proses penurunan berat badan. Asupan protein dan serat yang tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang hingga mencegah rasa lapar berlebih.

7. Brokoli
Bukan rahasia lagi, brokoli memang punya segudang manfaat kesehatan. Tak cuma rendah kalori, brokoli juga tinggi serat dan protein. Dalam 175 gram brokoli menawarkan 5 gram serat dan 3,7 gram protein. Brokoli juga kaya akan vitamin C, K, dan folat.

8. Selada
Sayuran pembakar lemak lainnya adalah selada. Mengutip Eat This Not That, selada mengandung lutein, senyawa tanaman yang membantu proses pembakaran lemak

Sebuah studi juga menemukan, asupan sayuran kaya lutein pada pria obesitas di Jepang bisa membantu mengurangi lemak visceral di perut. Kombinasikan asupan sayuran untuk mengecilkan perut buncit di atas dengan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat cukup dan rutin berolahraga.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini