spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Sandiaga Uno: Peran Bank untuk PEN Harus Terus Didorong

KNews.id- Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa peran bank dalam merealisasikan pemulihan ekonomi akibat krisis pandemi harus terus didorong. Terutama, peran perbankan dalam melakukan pembiayaan terhadap sektor pariwisata dan industri kreatif perlu digalakkan terus.

“Sektor pariwisata dan industri kreatif jadi penyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 12%. Sektor pariwisata 4,5%, dan industri kreatif sekitar 7%, khususnya di bidang digital kuliner, fashion, dan e-commerce. Ini menempatkan Indonesia pada posisi ketiga di dunia setelah Amerika dengan hollywood-nya, Korea dengan K-Pop-nya, dan Indonesia dengan e-commerce-nya,” ujar Sandiaga, pada acara diskusi virtual Forum Top 100 CEO Infobank, Selasa, 14 Desember.

- Advertisement -

Ia menjelaskan bahwa posisi 3 besar yang Indonesia raih ini juga tak lepas dari pengaruh fintech yang semakin “nge-trend”, dan membentuk inklusi ekonomi lebih lagi saat ini. Digitalisasi pun menjadi pelopor perubahan di segala bidang.

“Berdasarkan data BPS 2020, 4 dari 5 pengusaha Indonesia yang memasarkan produknya secara online itu mengalami peningkatan penjualan pesat. Lalu, 37% konsumen e-commerce meningkat selama pandemi, jadi mari kita dukung UMKM kita karena 97% lapangan pekerjaan disumbang oleh UMKM, serta hampir 65% pertumbuhan ekonomi akan disumbang oleh UMKM ke depannya,” tambahnya.

- Advertisement -

Ia berharap perbankan, pemerintah, dan pebisnis terus memperkuat kolaborasinya lagi di tengah krisis ini untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini