spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Rusia Siap Membalas Negara yang Menjatuhkan Sanksi Ekonomi!

KNews.id- Langkah Rusia menginvasi Ukraina memicu rentetan sanksi ekonomi dari Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya. Namun, negara berjuluk Beruang Merah ini tidak gentar dan siap membalas pemberian sanksi tersebut.

Sanksi ini diketahui menyasar pengusaha Rusia, perbankan, konglomerat dan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin hingga pejabat pemerintahan di Rusia itu sendiri.

- Advertisement -

Juru bicara Kremlin, kantor kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov menegaskan, Rusia akan membalas sanksi-sanksi ekonomi tersebut. Hal ini membuat konflik geopolitik di kawasan tersebut semakin mendidih. Lantas, apakah ekonomi Rusia bisa tahan banting menghadapi sanksi ekonomi yang bakal dijatuhkan negara-negara blok barat?

Dikutip dari Reuters, Sabtu (26/2), International Monetary Fund (IMF) memprediksi, ekonomi Rusia tahun ini hanya tumbuh 2,8 persen, terkontraksi dari tahun lalu yang tumbuh 4,7 persen. Sementara Bank Dunia memproyeksi, ekonomi Rusia tumbuh 2,4 persen tahun ini. Inflasi Rusia tercatat mencapai 8,73 persen di bulan Januari 2022 ini. Suku bunga bank sentralnya mencapai 9,5 persen. Semua capaian ini merupakan yang tertinggi dalam lima tahun.

- Advertisement -

Dari tingkat utang, Rusia memiliki kewajiban yang lebih ramping karena menjalankan kebijakan fiskal yang konservatif. Rasio utang Rusia pada 2019 tercatat 14 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), artinya jumlah utang Rusia hanya 14 persen dari nilai PDB negara ini. Sebagai perbandingkan, Amerika Serikat memiliki rasio utang 108 persen terhadap GDP dan Inggris 85 persen.

Sementara di sektor perdagangan, diketahui setengah dari pendapatan ekspor Rusia berasal dari produk mineral, minyak, gas alam dan batu bara. Jerman menjadi negara tujuan ekspor gas dengan kontribusi terbesar yaitu 31 persen. disusul Turki 13 persen dan Italia enam persen. (AHM/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini