spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Rusia Menuduh Ukraina Mengajak Rumania dalam Perang!

KNews.id- Rusia menuduh Ukraina bakal menyeret negara tetangga mereka, termasuk Rumania, masuk ke konflik bersenjata yang kini terjadi. Rusia juga ‘memperingatkan’ Rumania tak boleh menjadi ‘tuan rumah’ pesawat militer Ukraina, Ahad (6/3).

“Kami tahu pasti pesawat perang Ukraina telah terbang ke Rumania dan sejumlah negara tetangga,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, dalam sebuah video briefing, Ahad (6/3), sebagaimana dilansir AFP.

- Advertisement -

“Penggunaan jaringan udara di sejumlah negara ini karena menjadi pangkalan militer udara Ukraina, pun juga penyerangan terhadap militer Rusia, dapat dinilai sebagai keterlibatan negara itu di konflik bersenjata,” tuturnya lagi.

Konashenkov juga mengklaim ‘hampir seluruh’ pesawat perang Ukraina telah dihancurkan. Bagi Rumania, peringatan ini dinilai merupakan cara Moskow untuk menakuti negara itu.

- Advertisement -

“Ini murni retorika yang dirancang untuk mengalihkan perhatian dari apa yang benar-benar terjadi di lapangan, warga sipil terbunuh, aturan konflik bersenjata dilanggar,” ujar Perdana Menteri Rumania, Nicolae Ciuca, dalam sebuah wawancara televisi.

Ciuca juga menyampaikan, Rusia bisa mencoba sekuat mereka untuk menakuti Rumania, tetapi “kami tidak memiliki alasan untuk merasa takut.” Selain itu, Ciuca menyinggung insiden yang terjadi pada 24 Februari dan dilaporkan militer Rumania. Kala itu, satu jet Ukraina dicegat di wilayah udara Rumania dan dipaksa mendarat.

- Advertisement -

Beberapa hari setelahnya, jet tersebut diizinkan untuk pergi. Insiden ini juga diungkapkan kepada publik ‘seterbuka mungkin’ untuk menghindari kesalahpahaman dengan Rusia.

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin sempat memperingatkan negara tetangga untuk tak ikut campur dalam konflik militer di Ukraina. Keterlibatan negara lain dalam konflik ini bakal dianggap Rusia sebagai bentuk partisipasi perang dan dapat membawa bencana bagi Eropa, pun juga dunia.

Peringatan ini muncul merespons permintaan Presiden Volodymyr Zelensky yang ingin negara Barat menerapkan zona larangan terbang di Ukraina. Putin mengancam, bila negara Barat memutuskan menyetujui zona tersebut, Rusia bakal menganggap aksi itu sebagai keterlibatan negara di perang ini. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini