spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Rusia Menembakkan Roket ke Fasilitas Militer Ukraina dekat Polandia, 35 Tewas!

KNews.id- Rusia menembakkan rudal ke fasilitas militer besar Ukraina di dekat perbatasan Polandia menyebabkan 35 orang tewas dan melukai 134 lainnya, Minggu, 13 Maret 2022.  Instruktur militer asing sebelumnya bekerja di pangkalan itu, kata pejabat Ukraina.

Tetapi tidak jelas apakah mereka masih berada di sana saat serangan. Gubernur di wilayah itu, Maksym Kozytskyy, mengatakan pesawat Rusia menembakkan sekitar 30 roket ke Pusat Perdamaian dan Keamanan Internasional Yavoriv. Beberapa roket bisa dicegat sebelum mengenai sasaran.

- Advertisement -

Fasilitas seluas 360 km persegi itu terletak kurang dari 25 km dari perbatasan Polandia, yang merupakan anggota NATO. Itu adalah salah satu yang terbesar di Ukraina. Belum ada konfirmasi dari pihak Rusia. Sembilan belas ambulans dengan sirene terlihat keluar dari fasilitas Yaroviv setelah serangan dan asap hitam membubung dari daerah tersebut.

“Rusia telah menyerang Pusat Internasional untuk Penjaga Perdamaian & Keamanan di dekat Lviv. Instruktur asing bekerja di sini. Informasi tentang para korban sedang diklarifikasi,” kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam sebuah unggahan online.

- Advertisement -

Seorang perwakilan kementerian pertahanan Ukraina mengatakan kepada Reuters bahwa pihaknya masih berusaha untuk memastikan apakah ada instruktur asing berada di pusat pada saat serangan itu. Ukraina mengadakan sebagian besar latihannya dengan negara-negara NATO di sana sebelum invasi. Latihan besar terakhir adalah pada bulan September.

Pada minggu-minggu sebelum Rusia menginvasi pada 24 Februari, militer Ukraina berlatih di sana, tetapi menurut media setempat, semua instruktur asing meninggalkan tempat pelatihan pada pertengahan Februari, namun meninggalkan semua peralatan. Invasi Rusia ke Ukraina, yang diluncurkan oleh Presiden Vladimir Putin pada 24 Februari, menyebabkan lebih dari 2,5 juta orang mengungsi keluar perbatasa, namun masih ada ratusan ribu orang terjebal di kota-kota yang terkepung.

- Advertisement -

Sementara negara-negara Barat berusaha mengisolasi Putin dengan menjatuhkan sanksi keras, Amerika Serikat dan sekutunya khawatir  NATO terseret ke dalam konflik. Serangan juga terjadi di bandara di sebuah kota di Ukraina barat. Di Ukraina timur, pasukan Rusia berusaha mengepung pasukan Ukraina saat mereka bergerak maju dari Kharkiv di utara dan Mariupol di selatan, kata Kementerian Pertahanan Inggris, Ahad. (AHM/tmpo)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini