spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Rupiah sebagai Alat Pembayaran yang Sah di Lima Negara ini, Tak Perlu Tukar Uang

KNews – Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di 5 negara ini, tak perlu tukar uang. Berikut 5 negara yang menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah.

Travelling ke luar negeri memang sangat menyenangkan. Apalagi bersama dengan orang-orang tersayang.

- Advertisement -

Namun banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berlibur ke luar negeri. Mulai dari tiket pesawat, visa, penginapan, menukar mata uang, dan masih banyak lagi.

Hal terpenting lainnya, tentunya harus memiliki dana yang cukup besar mengingat nilai tukar rupiah yang masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

- Advertisement -

Akan tetapi ada beberapa negara di dunia yang mengakui rupiah sebagai mata uang pembayaran yang sah.

Sehingga orang Indonesia dapat menikmati liburan ke luar negeri dengan lebih nyaman tanpa harus mengkhawatirkan masalah dana.

- Advertisement -

Dilansir PortalJember.com dari kanal YouTube Info Unik yang diunggah pada 25 Februari 2021, berikut 5 negara yang menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah.

1. Arab Saudi

Banyaknya jumlah jamaah haji dan umrah Indonesia di Saudi Arabia membuat para pedagang yang berjualan di sekitar kompleks tanah suci berinovasi.

Selain dengan mempelajari bahasa Indonesia, para pedagang di sana juga menerima pembayaran rupiah. Tujuannya untuk menarik para pembeli yang kebanyakan berasal dari Indonesia.

Beberapa toko makanan, toko, dan mall di Jeddah juga menerima pembayaran rupiah dengan kurs yang sama dengan di Indonesia.

2. Malaysia

Indonesia dan Malaysia memang masih satu rumpun meski memiliki beberapa perbedaan dalam bahasa, namun baik bahasa Indonesia dan Melayu sama-sama bisa dipahami oleh kedua negara.

Tak hanya bahasa, dalam masalah pembayaran di beberapa toko di Malaysia menerima pembayaran rupiah. Mulai dari toko kaos, cokelat, bahkan kawasan mall.

3. Papua Nugini

Bank Central dari Indonesia dan Papua Nugini telah sepakat untuk menunjuk rupiah dan kina sebagai mata uang yang sah di perbatasan Papua dan Papua Nugini.

Banyak masyarakat Merauke yang berdagang atau melakukan jual beli di daerah Sota Papua Nugini dan begitu pula sebaliknya.

4. Thailand

Di Thailand bagian selatan, tepatnya di Kota Hatyai yang berbatasan langsung dengan Malaysia, terdapat banyak etnis yang tinggal dan berdagang di kota ini.

Karena banyaknya turis dari Malaysia dan Indonesia, beberapa toko souvenir menerima pembayaran dengan bath, ringgit, atau rupiuah.

Tak hanya itu, pedagang di kota ini juga sebagian besar dapat memahami bahasa Melayu dan Indonesia.

5. Timor Leste

Sudah hampir 2 dekade, Timor Leste merdeka dari Indonesia, Timor Leste masih menerima pembayaran rupiah.

Sebenarnya, negara ini memiliki mata uang centavo coin sebagai pengganti rupiah. Namun sampai saat ini Timor Leste masih menggunakan 3 mata uang sebagai nilai tukar, yakni rupiah, centavo coins, dan dolar Amerika Serikat. (RKZ/pj)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini