spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

RRC Mengerahkan 18 Jet Tempur ke Perbatasan Udara Taiwan, AU Taiwan Gercep Mengusir!

KNews.id- Tidak lama dari peringatan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida terkait keagresifan China terhadap Taiwan bisa memicu situasi Ukraina kedua di Asia, China kerahkan 18 jet tempur ke perbatasan Taiwan.

Merespons kejadian itu, Angkatan Udara Taiwan bergegas pada Jumat (6/5) untuk memperingatkan 18 pesawat China yang memasuki zona pertahanan udaranya. Kementerian Pertahanan Taiwan, mengatakan itu merupakan bagian dari pola serangan reguler yang sering membuat pemerintah di Taipei geram.

- Advertisement -

Tidak ada tembakan yang dilepaskan dan pesawat China tidak terbang di wilayah udara Taiwan, tetapi di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), area yang lebih luas dipantau dan patroli Taiwan untuk memberikan lebih banyak waktu dalam menanggapi setiap ancaman udara pulau itu.

Menurut laporan Kemenhan Taiwan dikutip oleh Channel News Asia, Jumlah pesawat yang terlibat saat ini jauh lebih sedikit dari serangan skala besar terakhir, yakni 39 pesawat China pada 23 Januari. Sejak itu, kejadian semacam itu dilakukan dengan pesawat yang jauh lebih sedikit. Mereka mengatakan kali ini terdapat enam jet J-11, enam jet J-16, serta dua pembom H-6 buatan China.

- Advertisement -

Tidak ada komentar langsung dari Kementerian Pertahanan China hingga saat ini.

Taiwan, yang diklaim oleh China sebagai wilayahnya sendiri, telah mengeluhkan kejadian serupa yang berulang kali dilakukan oleh pesawat China selama dua tahun terakhir ini.

- Advertisement -

Taiwan saat ini dalam keadaan siaga tinggi karena mereka khawatir China dapat menggunakan invasi Rusia ke Ukraina untuk membuat langkah militer serupa di pulau itu, meskipun pemerintah Taipei belum melaporkan tanda-tanda bahwa Beijing akan menyerang. (AHM/rmol) 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini