spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

RRC Meluncurkan Kapal Induk III, Lebih Canggih dari Shandong-Liaoning!

KNews.id- China resmi meluncurkan kapal induk ketiga yang diproduksi dalam negeri pada Jumat (17/6). Kapal tersebut dinamai Fujian dan diluncurkan di Kota Shanghai. Kapal induk Fujian diklaim lebih canggih dari dua kapal induk sebelumnya yang dinamakan Shandong dan Liaoning.

Sebagaimana diberitakan Xinhua, kapal Fujian ini merupakan kapal induk pertama produksi China yang dilengkapi fitur perangkat lepas landas (catapult). Kapal ini juga dapat menampung beban lebih dari 80 ribu ton.

- Advertisement -

Tak hanya itu, kapal Fujian dilengkapi dengan perangkat elektromagnetik dan perangkat untuk memperlambat kecepatan pesawat saat mendarat. Namun, masih belum jelas kapan kapal induk tersebut mulai beroperasi.

“Uji pelayaran dan menambat akan dilakukan seperti rencana setelah kapal itu diluncurkan,” demikian laporan dari media pemerintah CCTV.

- Advertisement -

Sebagaimana diberitakan AFP, China memiliki dua kapal induk lain. Kapal induk pertama, Liaoning, ditugaskan pada 2012. Sementara itu, kapal induk Shandong ditugaskan pada 2019. Tak seperti Fujian, kedua kapal tersebut menggunakan platform lompatan ski untuk peluncuran pesawat. Kedua kapal itu juga tak memiliki sistem perangkat lepas landas catapult.

Sementara itu, peluncuran kapal Fujian ini dilakukan kala tensi China-Amerika Serikat memanas dalam beberapa pekan terakhir. Salah satu pendorong tensi tersebut adalah tekanan Beijing ke Taiwan, yang diklaim China merupakan bagian dari kedaulatan mereka.

- Advertisement -

China kerap menempatkan kapal perang mereka di Selat Taiwan. Beijing juga sering mengerahkan jet tempur mereka untuk mengusir AS dan sekutunya. Di sisi lain, AS memiliki kapal induk terbanyak yang masih beroperasi, yakni sebelas buah. Selain AS, Inggris turut memiliki kapal induk meski hanya dua buah. (Ade/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini