spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Mantan Menteri di Era Jokowi dan Gusdur

KNews.id –  Kabar duka datang dari dunia ekonomi. Ekonom sekaligus Mantan menteri di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rizal Ramli meninggal dunia.

Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, serta Menteri Keuangan ini menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Rizal Ramli meninggal di usianya yang ke-69 tahun pada Selasa (2/1/2024) ini.

- Advertisement -
Kabar tersebut dibebarkan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Tofa Lemon.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah berpulang, bapak Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di RSCM,” ujar Tofa dalam keterangannya, Selasa (2/1/2023).

Selain pernah menjabat sebagai menteri, Rizal Ramli juga pernah menjabat Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog). Serta dipercaya sebagai Menteri bidang kemaritiman dan sumber daya di Presiden Joko Widodo (Jokowi).

- Advertisement -

Profil Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Ia adalah seorang mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya. Karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Riwayat Pekerjaan:

  • Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog)
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
  • Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa pemerintahan

Riwayat Pendidikan:

  • S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung
  • Doktor Ekonomi Boston University

(Zs/Lptn.6)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini