spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Rights Issue BTN Sukses, Ini Kata Analis

Harga wajar BBTN, atau setara 1x PBV, berada di level Rp2.030. Artinya, saat ini, saham BBTN diperdagangkan di 0,6x PBV. Terlampau murah untuk ukuran bank dengan aset Rp400 triliun dan diperkirakan (unaudited) meraih laba Rp3 triliun untuk kinerja tahun 2022. Dengan rasio PBV di bawah 1x, BBTN jelas lebih menarik dibandingkan bank besar lainnya yang sudah mencapai PBV 2x- 4x. “Melihat fundamental yang semakin membaik dan prospek bisnis yang menjanjikan, tidak sulit bagi BBTN untuk kembali ke 1x PBV,” kata analis Jasa Utama Capital Cheryl Tanuwidjaja beberapa waktu lalu.

Ketiga, fundamental yang kokoh dan kinerja yang terus membaik. Investor melihat BBTN sudah berubah dan tidak lagi seperti dulu. Manajemen kini lebih fokus pada pertumbuhan yang berkualitas dan menciptakan inovasi produk yang relevan dengan bisnis inti yakni di pembiayaan rumah tapak.

- Advertisement -

Dari sisi fundamental, BBTN berhasil menekan NPL dan telah mengeluarkan kredit macet senilai Rp1 triliun dari neraca. Dana pihak ketiga pun juga membaik dengan lonjakan porsi dana murah (CASA) dibanding deposito. Konsistensi dalam meningkatkan DPK berbiaya murah juga berdampak positif ke rasio intermediasi (loan to deposit ratio/LDR) yang kini anteng berada di bawah level 100%. DPK meningkat berkat strategi digitalisasi melalui mobile banking apps.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini