spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Ridwal Kamil Hadiri Prosesi Kendi Nusantara, IKN Akan Jadi Kota Terbaik Dunia

KNews – Ridwal Kamil hadiri prosesi kendi Nusantara, IKN akan jadi kota terbaik dunia. Ridwan Kamil ikut memberikan komentar dan optimismenya terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ridwan Kamil, hadir selaku Gubernur Jawa Barat, dalam prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dilangsungkan Pada Senin, 14 Maret 2022.

- Advertisement -

Prosesi Kendi Nusantara tersebut dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh pemimpin daerah dari 34 Provinsi, termasuk salah satunya Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat tersebut melihat IKN Nusantara berpotensi menjadi kota terbaik di dunia asal dipersiapkan dengan baik.

- Advertisement -

Dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Ridwan Kamil mengungkapkan pembangunan ibu kota negara dari nol menjadi kesempatan untuk mewujudkan kota terbaik di dunia.

Hanya saja ia menilai kota yang dibangun harus baik dari sisi sistemnya, serta maksimal dari sisi desainnya.

- Advertisement -

“Ini kesempatan untuk jadi kota terbaik dunia. Jadi terbaik itu satu, dari sisi sistemnya ya harus smart (kota cerdas), green (kota hijau), zero carbon (nol karbon), yang kedua dar sisi desain,” ungkap kang Emil, dikutip Hop.ID dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, diunggah pada Senin, 14 Maret 2022.

Hanya saja untuk mencapai predikat kota terbaik di dunia, lelaki yang akrab disapa kang Emil tersebut meminta masyarakat harus bersabar. Karena menurutnya, proses pembangunan harus di atas 10 tahun, baru bisa mewudkan kota yang sesuai visi.

“Dari kota-kota dunia itu kan diawali dari sebuah visi. Visi itu ada yang beres 10 tahun. kalu di bawah 10 tahun, agak tidak realistis, jadi butuh waktu,” terang Gubernur Jawa Barat tersebut.

Oleh sebab itu, kang Emil meminta masyarakat perlu bersabar, mengingat kota-kota dunia juga memiliki sejarah panjang dalam pembangunannya.

“Jadi masyarakat jangan terlalu berharap ya dalam waktu 3-5 tahun, saya kira sejarah kota-kota di dunia juga tak begitu,” ujar kang Emil membeberkan alasannya.

Kang Emil juga mengungkapkan bahwa untuk mengajak masyarakat pindak ke IKN merupakan tantangan, sehingga ia meminta agar pemerintah menghadirkan fasilitas yang memadai, sehingga semakin banyak orang tertarik bermukim di Nusantara.

“Karena kalau hanya mengandalkan populari PNS, kotanya pasti sangat sepi,” tutur kang Emil menambahkan.

Ridwan Kamil optimis IKN Nusantara akan menjadi kota terbaik, karena ia menilai, Kepala Otorita yang baru ditunjuk mampu mengemban tugas dengan baik. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini