spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Rezim Jokowi Mengakui Peristiwa 1965 Pelanggaran HAM, Dosen UI Khawatir PKI Meminta seluruh Sejarah Diubah!

KNews.id- Ada kekhawatiran kader PKI meminta perubahan sejarah setelah Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) mengakui adanya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat peristiwa 1965.

“Nanti PKI akan minta seluruh sejarah diubah. Minta dirikan monumen sebagai bukti kekerasan. Akan banyak ilmuwan telepon koin (pencari keuntungan) dibayar untuk memulihkan nama baik komunis,” kata Dosen Ilmu Politik SKSG UI Mulyadi dalam diskusi publik dengan tema “Keputusan Presiden No. 22 tahun 2022: Menyelesaikan atau Menambah Masalah,” Kamis (19/01) di Jakarta.

- Advertisement -

Mulyadi menegaskan bahwa setelah Kepres, Jokowi akan mengeluarkan Inpres khusus untuk menindaklanjuti 12 pelanggaran HAM. Presiden akan ke Lampung dan Aceh juga mengumpulkan korban di luar negeri. Jokowi akan membentuk Satgassus untuk penyelesaian Kepres ini.

“Kejaksaan akan koordinasi dengan Komnasham. Di sini akan terjadi salah tafsir. Nanti semua akan mengaku sebagai korban, ibarat borok ditusuk jarum,” tegasnya.

- Advertisement -

Mulyadi mengetahui peristiwa 1965 bukan pelanggaran HAM, tapi konflik politik horizontal yang harus diselesaikan dengan mekanisme damai. Semua konflik di Indonesia adalah konflik politik horisontal.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini