spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Restrukturisasi Kredit BNI Mencapai Rp102,4 Triliun

KNews.id- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah melakukan restrukturisasi kredit dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Tercatat total pinjaman yang direstrukturisasi dengan stimulus Covid-19 sebesar Rp102,4 triliun dari total pinjaman. 

“BNI telah membukukan pinjaman yang direstrukturisasi dengan stimulus Covid-19 sebesar Rp102,4 triliun atau 18,6% dari total pinjaman,” ujar Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini dalam konfrensi pers secara virtual di Jakarta, Jumat (29/1). 

- Advertisement -

Berdasarkan segmen bisnis, restrukturisasi kredit diberikan kepada segmen Korporasi sebesar Rp44,2 triliun, segmen Menengah Rp21 triliun, segmen Kecil Rp28 triliun dan segmen Konsumer Rp9,2 triliun. 

“Sebagian besar debitur yang mendapatkan fasilitas restrukturisasi pinjaman berasal dari sektor manufaktur 27,0% atau sekitar Rp27,6 triliun,” ungkap dia. 

- Advertisement -

Kemudian, sektor perdagangan, restoran dan hotel sebesar 15,4% atau sekitar Rp 15,8 triliun dan sektor pertanian sebesar 12,6% atau sekitar Rp 12,9 triliun.  

“Ketiga sektor ini terdampak paling parah oleh pandemi dan merupakan 55% dari total pinjaman yang direstrukturisasi karena Covid-19,” ucapnya.

- Advertisement -

Menurut Novita, pelaku usaha membutuhkan waktu untuk pulih dari dampak pandemi Covid-19. Sehingga kalau tanpa restrukturisasi kredit, tentunya akan memberatkan pengusaha. 

“Kami di BNI berharap debitur yang telah memanfaatkan restrukturisasi ini untuk tetap survive,” paparnya. 

Disisi lain, BNI bersama bank HIMBARA serta beberapa Bank Pembangunan Daerah (BPD) lainnya juga berperan aktif dalam program PEN pada tahun 2020. Adapun, akumulasi Penempatan Dana Pemerintah dalam rangka PEN pada dua tahap di BNI sebesar Rp7,5 triliun.

Dari target penyaluran kredit dalam rangka PEN, BNI telah merealisasikan penyaluran kredit sebanyak Rp28 triliun atau setara 3,7 kali dana PEN, di atas target Rp22,5 triliun.  Sementara itu, fokus BNI menyalurkan kredit ke segmen UMKM sebesar Rp24,26 triliun atau 86,64% total penyaluran kredit dalam rangka program PEN. (Ade)

Sumber: IdxChannel

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini