spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Restrukturisasi Jiwasraya Dipastikan Beres Akhir Tahun Ini

KNews.id –  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan pengalihan eks pemegang polis PT Jiwasraya (Persero) ke IFG Life rampung pada paling lambat akhir tahun ini atau Desember 2023.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini proses restrukturisasi masih terus dilakukan. Pihaknya berharap agar seluruh eks pemegang polis Jiwasraya dapat direstrukturisasi.

- Advertisement -

“Harapan memang ya semua peserta restrukturisasi dan yang tidak setuju ya semua masuk restruk dan semuanya selesai di bulan November atau Desember (2023),” ungkapnya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.

Hingga September 2023, pengalihan portofolio polis (liabilitas) senilai Rp 31,07 triliun atau sekitar 81% dari keseluruhan liabilitas sudah dialihkan. IFG Life juga tercatat telah membayarkan manfaat klaim sebesar Rp 9,12 triliun sampai dengan September 2023.

- Advertisement -

Proses restrukturisasi dapat dipercepat setelah Komisi VI DPR RI dan pemerintah menyetujui pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk Jiwasraya. Nantinya, dana PMN tersebut akan digunakan untuk mengalihkan eks pemegang polis Jiwasraya ke IFG Life.

“Jiwasraya harusnya selesai tahun ini, kemarin kan PMN yang tahun ini maupun untuk, sudah disetujui UU APBN, dan kita mau akselerasi restrukturisasi semuanya selesai,” sebutnya.

- Advertisement -

Tiko melanjutkan, terkait pembubaran Jiwasraya usai penyelamatan dilakukan, Ia mengaku pihaknya harus berdiskusi terlebih dahulu dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, pembubaran perusahaan asuransi menjadi wewenang OJK.

“Belum, kita fokus perpindahan restrukturisasi ke IFG Life dulu, dan Jiwasraya itu semua pinda yang restruk, kita akan review ke depan antara aset dan liabilitas seperti apa? Nanti kita lihat dengan OJK seperti apa? Karena kalau ranahnya likuidasi asuransi kan OJK yang menentukan,” pungkasnya.  (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini