spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Respons Anies dan Ganjar Atas Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024

 

KNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 dalam satu putaran.
Mereka memperoleh 96.214.691 suara sah. Prabowo-Gibran menyapu kemenangan di 36 provinsi dan luar negeri.

- Advertisement -

Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara. Pasangan ini menang di dua provinsi, iaitu Aceh dan Sumatera Barat. Kemudian Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara dan tak menang di satu provinsi pun.

Merespons keputusan final KPU itu, Anies mengajak seluruh pihak terus melanjutkan perjuangan dan mendukung langkah tim hukum Timnas AMIN mengajukan sengketa dugaan kecurangan pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

- Advertisement -

Namun, ia juga berpesan agar perjuangan itu tetap menjunjung tinggi etika, menjaga kedamaian dan persatuan.

“Kita dukung langkah tim hukum, dan biarlah segala temuan yang disampaikan nanti menjadi rekam sejarah yang tercatat secara resmi dalam lembaran risalah-risalah Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia,” kata Anies di Jakarta, Rabu (20/3) malam.

- Advertisement -

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, Raih 96,2 Juta Suara
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memastikan akan tetap berada di jalan perubahan. Anies yakin gerakan perubahan akan terus bergulir membesar dan membawa perubahan-perubahan yang baik serta diperlukan Indonesia.

“Apapun takdir yang telah ditetapkan oleh nanti, kami akan tetap membersamai gerakan perubahan. Insya Allah,” ujarnya.

Senada, Ganjar juga sudah menyiapkan langkah hukum setelah KPU mengumumkan hasil pilpres. Ganjar memastikan akan mengikuti proses sesuai aturan yang telah ditentukan.

“Kita sudah siap. Kita sudah nyiapin banyak hal ya. Tim hukum kita juga sudah siap. Maka kita akan ikuti proses,” kata Ganjar.

Anies & Ganjar Punya Waktu 3 Hari Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK
“Insya Allah temen-temen sudah menyiapkan dengan baik. Tinggal nanti timingnya kapan, waktunya kapan, respons-respons itu akan kita berikan,” imbuh dia.

Selanjutnya, Ganjar bersama Mahfud akan menyampaikan sikap resmi terkait hasil KPU pada Kamis (21/3) ini di posko pemenangan, Teuku Umar, Jakarta.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini