spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Resmi: Mayjen TNI Suharyanto Menjadi Kepala BNPB

KNews – Resmi: Mayjen TNI Suharyanto menjadi kepala BNPB. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayor Jenderal TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pelantikan Suharyanto itu diatur dalam Keppres Nomor 140b Tahun 2021. Suharyanto sebelumnya adalah Panglima Kodam V/Brawijaya.

- Advertisement -

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” tutur Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang harus dilantangkan ulang oleh Suharyanto.

Pelantikan Suharyanto bersamaan dengan pelantikan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI. Selain itu, ada pula pelantikan Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

- Advertisement -

Suharyanto akan menduduki posisi yang sebelumnya dijabat Letjen Ganip Warsito. Ganip telah menjabat sejak 25 Mei 2021 dan akan memasuki masa pensiun bulan ini.

Mayjen Suharyanto adalah lulusan Akademi Militer tahun 1989. Sepanjang karier, Suharyanto malang melintang di berbagai komando daerah militer.

- Advertisement -

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) Jaya/Jayakarta pada 2018-2019. Ia juga dipercaya memimpin Kodam V/Brawijaya sejak 2020.

Suharyanto juga sempat diberi jabatan di luar TNI. Pada 2019-2020, ia menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden mendampingi Jokowi.

Kini di depan matanya, Suharyanto langsung menghadapi tugas berat terkait penanggulangan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dan serangkaian bencana hidrometeorologi di musim hujan ini. (RKZ/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini