spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Reshuffle Kabinet dan Peta Politik 2023

Oleh: Saiful Huda Ems (SHE), Lawyer dan Pengamat Politik

KNews.id-Perlawan namun pasti, barisan menteri perwakilan Partai Nasional Demokrat alias NasDem di jajaran Kabinet Pemerintahan Jokowi di periode kedua ini akan direshuffle. Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Kehutanan LHK Siti Nurbaya akan menjadi jajaran menteri yang paling diprioritaskan untuk diganti. Menkominfo misalnya, dianggap oleh banyak kalangan masyarakat, sebagai menteri yang paling lemah, tidak berdaya melindungi masyarakat dari perampokan data rahasia pribadi di era perang informasi digital dan hacker antar negara.

- Advertisement -

Lalu, Menteri Pertanian yang dianggap oleh banyak kalangan masyarakat, sebagai menteri yang sangat tidak bisa melindungi para petani. Disaat para petani kian hidup susah karena langka dan mahalnya pupuk serta obat-obatan, ditambah lagi karena banyaknya serangan hama padi, dan diperburuk lagi oleh ulah para oknum tengkulak yang menentukan harga padi di musim panen seenaknya sendiri, sekarang malah muncul isue baru yang datang bagaikan bom nuklir bagi para petani, yakni rencana impor beras !.

Kedua menteri yang tersebut di atas itu sangatlah lemah, lelet dan tidak peka dengan keadaan yang tengah terjadi pada masyarakat, maka jika kemudian Presiden Jokowi akan mereshuffle keduanya sangatlah tepat. Sedangkan Menteri Kehutanan LHK Siti Nurbaya sendiri, sebenarnya tidak terlalu bermasalah, namun posisinya sebagai politisi NasDem tentu sedikit banyak nantinya akan merepotkan Presiden Jokowi. Satu-satunya langkah untuk tetap mempertahankan Ibu Siti Nurbaya di kabinet, adalah terlebih dahulu meminta kesediaannya untuk pindah ke partai lain yang lebih steril.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini