spot_img
Selasa, April 16, 2024
spot_img

Resesi Mengancam, Ini Pesan Agus Marto Untuk Para CEO dan Bankir Muda

KNews.id-Majalah Infobank nomor 535 November 2022 menampilkan Top 100 CEO dan 200 Next Leaders. Para pemimpin beserta manajemen eksekutifnya di sektor keuangan dan badan usaha milik negara (BUMN) harus mengantisipasi adanya dampak yang disebabkan resesi global yang diprediksi akan terjadi pada 2023. Kendati ekonomi Indonesia relatif aman dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5%, tapi sektor perbankan akan menghadapi pasar keuangan global yang tidak stabil karena penguatan mata uang US$ dan terjadinya flight to quality.

Agus DW Martowardojo, bankir senior yang pernah berhasil memimpin PermataBank dan Bank Mandiri, mengingatkan agar para bankir mampu menangkap sinyal dari setiap perubahan dan salah satu fokus terpenting untuk menghadapi risiko resesi global adalah menjaga likuiditas tetap berada dalam safety level yang ditetapkan.

- Advertisement -

“Bank harus memiliki crisis protocol yang siap untuk dieksekusi jika terdapat kondisi yang berdampak pada tingkat likuiditas sehingga bank dapat menjaga likuiditasnya untuk menjaga kepercayaan nasabah,” ujar mantan Menteri Keuangan (2010-2013) dan Gubernur Bank Indonesia (2013-2018) yang kini menjadi Komisaris Utama Bank BNI ini.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini