spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Rendahnya Literasi dan Inklusi Menjadi Tantangan Pasar Modal Syariah

KNews – Rendahnya literasi dan inklusi menjadi tantangan pasar modal syariah. Direktur Head of Syaria Unit PT Eastpring Investments Indonesia, Rian Wisnu Murti mengatakan, rendahnya literasi dan inklusi masyarakat terhadap pasar modal syariah masih menjadi tantangan bagi industri ini untuk berkembang di Indonesia.

Hal ini sangat disayangkan mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

- Advertisement -

“Tantangan yang paling besar bagi Para pelaku, manajer investasi, regulator kemudian lembaga lain itu adalah meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal Syariah,” ungkapnya dalam acara Grand Launching Gerai Online Reksa Dana Syariah Bank Muamalat Indonesia, di Jakarta Senin 23 Mei 2022.

Selain itu, menurutnya saat ini saham-saham di sektor perbankan syariah atau finansial syariah masih terbatas jika dibandingkan dengan saham-saham konvensional.

- Advertisement -

“Artinya apa? Jadi kalau dibandingkan dengan saham yang konvensional ketika market rally karena Economic recovery cukup signifikan, saham syariah indeksnya tidak terlalu tinggi karena drivernya belum ada yang dari financial syariah,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Emil Muhamad, selaku Senior Economist PT Bahana TCW Investment Management mengatakan bahwa investasi reksa dana syariah merupakan pilihan paling tepat jika kita ingin menumbuhkan nilai aset.

- Advertisement -

Namun demikian, dirinya tidak memungkiri masih banyak masyarakat muslim Indonesia yang nyaman dengan investasi emas atau deposito.

“Ini yang kita lihat masih perlu edukasi lagi dimana, kita di TCW selalu konsisten melakukan edukasi tersebut,” ungkapnya.

Emil juga mengatakan performa reksa dana syariah, misalnya reksa dana sukuk lebih stabil dibandingkan dengan reksa dana syariah ketika kondisi market mengalami koreksi. Ini cocok bagi masyarakat yang baru pertama kali berinvestasi di pasar modal.

“Dalam satu tahun terakhir reksadana sukuk jauh lebih baik dibandingkan dengan reksa dana SBN konvensional. Sukuk ini sudah terbukti bisa bertahan dengan cukup baik di tengah market cycle yang sekarang ini lagi banyak koreksi di pasar obligasi karena inflasi dan kenaikan suku bunga,”. (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini