spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Rencananya, BSI akan Menambah Modal lewat Right Issue

KNews.id- Menteri BUMN Erick Thohir, berupaya menjadikan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI masuk dalam daftar 10 bank syariah terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal itu, modal perseroan menjadi fokus pemerintah saat ini.

Untuk memperoleh tambahan modal, manajemen BSI akan melakukan penerbitan saham baru (right issue). Dalam aksi korporasi itu, pihak BSI menargetkan investor global sebagai investor baru pemilik saham perseroan melalui Sovereign Wealth Fund atau Indonesia Investment Authority (INA).

- Advertisement -

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menuturkan, Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHETD) tersebut akan menambah dana BSI dalam jangkah menengah.

“Kami ingin melakukan rights issue dan tentunya jika ada match of interest kami akan sangat terbuka untuk bekerjasama dengan investor yang ingin mengambil block seed di BSI ke depannya,” Ujar Tiko dalam Mandiri Investment Forum 2021, Rabu (3/2).

- Advertisement -

BSI ditargetkan masuk dalam daftar 10 bank syariah terbesar di dunia. Bahkan mampu disejejerkan dengan Bank Al-Rajhi dan Bank Albilad. Kedua bank itu merupakan dua bank yang berpusat di Riyadh, Arab Saudi dengan nilai aset masing-masing 111,3 miliar dolar AS dan 23,6 miliar dolar AS pada 2019. Sementara aset BSI pasca merger sekitar 15 miliar dolar AS.

Erick yakin Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar dunia bisa mendongkrak kinerja BSI, sehingga merger tiga bank syariah BUMN tersebut tak sia-sia.

- Advertisement -

Dia juga meminta ekosistem BSI tidak cukup dengan mengedepankan konsep syariah saja dalam memanfaatkan potensi pasar. Namun, harus dibarengi dengan penguatan digitalisasi dan manajerial yang baik. Dengan begitu, kehadiran BSI diharapkan mampu meningkatkan kapitalisasi dan kapabilitas perbankan syariah di Indonesia.

“Konsep syariah saja tidak cukup, perlu dikemas secara digital dengan kualitas pelayanan tinggi, serta adanya institusi yang kuat. Kehadiran BSI kita harapkan dapat meningkatkan kapitalisasi dan kapabilitas perbankan syariah di Indonesia,” kata Erick. (Ade)

Sumber: IdxChannel

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini