spot_img
Senin, April 15, 2024
spot_img

Recep Erdogan: Teroris yang Melakukan Kudeta terhadap Saya berada di Nigeria!

KNews.id- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengklaim pihaknya sudah melakukan peperangan terhadap organisasi teroris selama beberapa dekade, seperti PKK, PYD, FETO, DASH, dan organisasi teroris lainnya. Oleh karena itu, Turki memahami upaya Nigeria dalam memerangi terorisme yang berkembang bertahun-tahun di negara itu. Turki juga menyatakan dukungannya untuk membantu Nigeria.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, Presiden Recep Tayyip Erdogan secara terang-terangan mengungkapkan bahwa organisasi teroris yang berusaha melakukan kudeta keji terhadapnya pada 15 Juli 2016, hingga saat ini masih terus berkeliaran, bahkan mereka tetap beroperasional secara ilegal di Nigeria.

- Advertisement -

“Pelaku kudeta terhadap Turki pada tanggal 15 Juli, yaitu FETO, saat ini masih aktif. Mereka ada di Nigeria,” kata Erdogan, berbicara melalui seorang penerjemah, pada konferensi pers di Abuja bersama Presiden Muhammadu Buhari, dalam lawatan empat hari ke beberapa negara Afrika, sebagaimana dilaporkan The Will, Kamis (21/10).

Erdogan mengisahkan peristiwa mengerikan dalam sejarah negara itu, di mana Turki harus kehilangan lebih dari 200 penduduknya, dan lebih dari 2.000 orang lainnya menderita luka-luka.

- Advertisement -

Erdogan menyalahkan organisasi teroris Fethullah (FETO) atas insiden tersebut, dan menggambarkan kudeta yang gagal sebagai kemenangan bagi demokrasi di Turki. Ia juga secara terbuka mengatakan bahwa negaranya bersedia menawarkan dukungan yang diperlukan ke Nigeria untuk membantu negara itu memerangi ancaman pemberontakan dan kelompok bersenjata lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Erdogan menyampaikan simpati dan belasungkawa yang paling tulus kepada saudara-saudari di Nigeria yang telah menjadi korban serangan teroris. Erdogan berharap kunjungan ke Nigeria akan menghasilkan banyak hal baik dan menguntungkan untuk hubungan Nigeria-Turki.

- Advertisement -

“Saya ingin berterima kasih kepada saudara saya yang terhormat, Presiden Buhari, karena telah menjadi tuan rumah yang ramah bagi saya dan delegasi saya,” pungkas Erdogan. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini