spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Reaksi Negara Arab dan Internasional terhadap Serangan Israel atas Kedutaan Iran

 

KNews.id –  Beberapa negara Arab dan internasional mengutuk serangan Israel yang menargetkan kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada Senin, yang menyebabkan tewasnya tujuh penasihat Korps Garda Revolusi Iran, termasuk komandan Pasukan Quds di Lebanon dan Suriah, Jenderal Mohammad Reza Zahedi.

- Advertisement -

Rusia

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Moskow percaya bahwa tindakan agresif Israel “sama sekali tidak dapat diterima dan harus dihentikan.”

- Advertisement -

“Kami mendesak para pemimpin Israel untuk menghentikan praktik tindakan kekerasan yang provokatif di wilayah Suriah dan negara-negara tetangga lainnya, yang dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat berbahaya di seluruh kawasan,” tegasnya dalam sebuah pernyataan.

Hizbullah

- Advertisement -

Dalam sebuah pernyataan, kelompok Perlawanan Lebanon, Hizbullah, mengatakan Zahedi adalah “salah satu orang pertama yang mendukung, berkorban, dan bertahan selama bertahun-tahun untuk mengembangkan dan memajukan kerja perlawanan di Lebanon.”

Hizbullah mengatakan kejahatan tersebut menunjukkan bahwa Israel masih “bodoh” karena percaya bahwa membunuh para pemimpin dapat menghentikan “gelombang perlawanan rakyat.”

“Tentu saja, kejahatan ini tidak akan berlalu tanpa musuh menerima hukuman dan balas dendam,” janji kelompok tersebut.

Yaman

Kementerian Luar Negeri Yaman di pemerintahan Sanaa juga mengutuk agresi Israel, menegaskannya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap norma dan hukum, dan agresi terhadap kedaulatan dua negara bersaudara.

Mereka mengatakan bahwa agresi tersebut terjadi dalam kerangka balas dendam Amerika-Israel atas sikap baik dan terhormat Iran dan Suriah terhadap perjuangan Palestina yang adil. Sanaa menyatakan solidaritasnya terhadap Iran dan Suriah dan mendukung hak mereka untuk melakukan pembalasan untuk membela diri.

Sementara itu, Ali al-Qahoum, anggota Biro Politik Ansar Allah, menyatakan gerakan Yaman mengutuk dan menolak agresi “kriminal dan berbahaya” terhadap konsulat Iran di Damaskus, dan menambahkan bahwa hal tersebut menunjukkan sejauh mana kegigihan Israel melakukan kejahatan dan melanggar kedaulatan Suriah.

Mohammad Abdul Salam, ketua delegasi perundingan Sana’a, mengatakan agresi Israel adalah upaya putus asa untuk menggambarkan kemenangan.

Irak

Kementerian Luar Negeri Irak mengutuk penargetan misi diplomatik Iran di Damaskus, dan menganggapnya sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional.

Kataib Hizbullah Irak menyampaikan belasungkawa kepada pemimpin Iran Sayyed Ali Khamenei dan menegaskan kesiapannya untuk melengkapi hingga 12.000 pejuang Perlawanan Islam di Yordania dengan senjata ringan dan menengah, peluncur roket terhadap kendaraan lapis baja, rudal taktis, jutaan amunisi, dan berton-ton bahan peledak, “untuk berdiri bersama dalam membela saudara-saudara kita di Palestina.”

Arab Saudi

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa pihaknya menolak penargetan fasilitas diplomatik dengan dalih apa pun, menggemakan kecaman serupa dari UEA, Oman, Qatar, Yordania, dan Pakistan.

Kuba

Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez Parilla mengatakan bahwa Havana mengutuk keras serangan Israel terhadap misi diplomatik Iran di Damaskus, dan menggambarkan serangan terbaru itu sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Suriah dan hukum internasional.

Dia memperingatkan bahwa tindakan Israel yang tidak dapat diterima meningkatkan risiko eskalasi konflik dan konsekuensi yang tidak dapat diprediksi.

Venezuela

Venezuela juga mengutuk keras agresi Israel, menyatakan solidaritas dengan rakyat dan pemerintah Iran dan Suriah.

Dalam konteks yang sama, mantan Presiden Bolivia Evo Morales mengutuk agresi tersebut, dan menambahkan bahwa “Israel adalah negara teroris yang mengabaikan hukum internasional.”

Organisasi Kerjasama Islam

Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam, Hissein Brahim Taha, menyatakan solidaritasnya terhadap Iran, rakyat dan pemerintahnya.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian meminta agar organisasi tersebut mengambil tindakan yang mendesak dan tepat terhadap latar belakang kejahatan Israel.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini