spot_img
Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Reaksi Khofifah Setelah PKB Kuasai 27 Kursi DPRD Jatim, PDIP dan Gerindra Sama-sama 21 Kursi

 

KNews.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencatatkan kemenangan di Jawa Timur meskipun jagonya, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, kalah suara di Jatim dalam Pilpres 2024.

- Advertisement -

Berdasarkan perolehan suara Pemilu 2024, PKB menguasai 27 dari 120 kursi di DPRD Jatim dari semula 25 kursi berdasarkan hasil Pemilu 2019.

Sedangkan PDI Perjuangan yang semula menguasai 27 kursi, turun menjadi 21 kursi. Jumlah kursi PDI Perjuangan itu sama persis dengan Partai Gerindra. Perubahan peta politik tentu akan berpengaruh pada konstelasi Pilgub Jatim mendatang.

- Advertisement -

Selama ini, Khofifah secara terbuka menggembosi PKB lewat penegasannya bahwa PKB saat ini tidak sama dengan PKB era Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Khofifah adalah penyokong Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Ia juga sudah memperoleh tiket pencalonan dalam Pilgub Jatim dari Gerindra, PAN, Golkar, Partai Demokrat. Bahkan ada juga partai yang menyebutkan nama bacawagub untuk pendamping Khofifah.

- Advertisement -

“Alhamdulillah dari partai yang sudah memberikan rekom pada saya yaitu PAN, Gerindra, Golkar, Partai Demokrat bahkan sudah menyebutkan nama Bacawagubnya yaitu Emil Elestianto Dardak,” kata Khofifah, Selasa (12/3/2024).

“Saya merasa sangat nyaman dengan Mas Emil. Ada proses yang kita lakukan lima tahun ini, banyak hal yang butuh banyak penguatan dan percepatan. Kalau awal kami masih coba cari format yang terbaik. Tapi kalau sekatang sudah banyak percepatan bisa kami lakukan,” tegas Khofifah.

Seiring dengan hasil Pileg 2024, Khofifah mengakui bahwa hasil ini berpotensi akan menimbulkan peta baru. Bahkan bisa jadi akan ada parpol yang mengusulkan nama calon lain ataupun parpol yang juga akan menyusul memberi rekom untuk Khofifah.

Menurut Khofifah hal-hal semacam itu akan sangat terbuka untuk dilakukan di momen saat ini. Dan pihaknya juga akan terbuka untuk menjalin komunikasi dengan parpol di Jatkm.

“Semua akan lebih produktif jika semua bisa dimaksimalkan. Visi untuk membangun Jatim ke depan yentu menjadi hal yang memungkinkan untuk dikomunikasikan,” ujar Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

“Tapi bahwa yang ingin saya sampaikan saya merasa sangat nyaman dengan Mas Emil. Kami bisa berbagi tugas bersama dengan sangat baik. Kita sama sama punya load kegiatan yang tinggi,” pungkas Khofifah.

(Zs/Trbn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini