spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Rapat BBM di Kantor Menko Airlangga Selesai, Ini Hasilnya!

KNews.id-Sore ini, sederet menteri menggelar rapat koordinasi di kantor Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenai harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya jenis Pertalite dan Solar.
Rapat dimulai sekitar pukul 16.30 WIB selama kurang lebih 1 jam. Usai rapat, seluruh menteri yang hadir enggan memberikan komentar mengenai hasil rapat.

Dalam pantauan CNBC Indonesia, beberapa menteri yang hadir antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

- Advertisement -

Selanjutnya ada Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu. Beberapa staf dari Kemenko Perekonomian juga turut hadir. Salah satunya Staf Khusus Raden Pardede.

Lalu apa hasilnya?

- Advertisement -

“Kita antisipasi aja perkembangan dunia kan seperti itu, seperti biasalah intinya kan kita mencoba memitigasi dampaknya terhadap perekonomian kita bagaimana supaya ekonomi kita lebih sustainable dampaknya terhadap budget juga baik, intinya kita coba menyeimbangkanlah,” papar Raden.

Terkait dengan harga BBM, menurutnya masih dikaji dalam bentuk beberapa opsi. Baik itu menaikkan harga maupun menambah subsidi melalui APBN. Termasuk pemberian bantuan sosial apabila opsi yang diambil adalah kenaikan harga.

- Advertisement -

“Semua opsi kita lakukan exercise itu intinya,” jelasnya.

Seperti diketahui, dana Rp 502 triliun disepakati oleh pemerintah dan DPR beberapa bulan lalu. Dana tersebut ditujukan untuk subsidi BBM jenis pertalite dan solar serta LPG 3 kg dan tarif listrik di bawah 3.000 VA. Di samping itu sebagian juga diberikan kepada PT Pertamina persero dan PT PLN persero sebagai kompensasi dua tahun terakhir.

Kini opsi yang muncul adalah menambah belanja subsidi, atau menaikkan harga BBM. Sebab harga minyak dunia masih tinggi, rupiah yang melemah dan volume BBM yang melebihi kuota. (Ach/Cnbci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini