spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Ragam Respons Usai Anies Masuk Kandidat PDIP Jadi Cagub DKI

KNews.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta mengusulkan sejumlah nama ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Ada 10 nama yang diajukan. Salah satunya adalah Anies Baswedan. Nantinya DPP yang memutuskan siapa yang diberi tiket calon gubernur Jakarta.

Nama lain yang diajukan yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Anies Baswedan, Andika Perkasa serta Prasetyo Edi Marsudi hingga Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta Djafar Badjeber.

- Advertisement -

“Djafar Badjeber dari Hanura. Dari kader PDI Perjuangan ada Pak Rasyidi. Kemudian ada nama-nama lain yang tidak saya ingat karena tidak begitu populer,” kata Sekretaris PDIP Jakarta Pantas Nainggolan.

Nama Anies yang masuk dalam usulan menjadi pembicaraan. Pasalnya, pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, Anies adalah rival PDIP yang mengusung Ahok-Djarot.

Merespons usulan pengurus daerah, Badan Pemenangan Pilkada PDIP masih mempertimbangkan nama Anies. Juru Bicara Badan Pemenangan Pilkada PDIP, Aryo Seno Bagaskoro menyebut partai harus melakukan kalkulasi.

“Apakah usulan perkawinan politik ini masuk akal secara elektoral atau malah berpotensi melemahkan kekuatan politik masing-masing kubu, baik pendukung PDI Perjuangan maupun pendukung Mas Anies secara platform gagasan dan historis?” Katanya.

- Advertisement -

Sementara itu, Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto mengatakan Anies Baswedan tak punya pertentangan ideologi dengan partainya. Dia justru memuji Anies dari segi elektabilitas.

“Kalau memang misalnya Pak Anies berpasangan dengan kader kami jadi wagubnya, tentu sekali lagi ini belum diputus, ini pandangan personal, itu akan sangat baik,” kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Mantan rival Anies di Pilkada 2017, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak mau berspekulasi soal peluang Anies akan dipilih Mega. Menurut dia, PDIP adalah partai demokratis sehingga akan menampung semua aspirasi kader di akar rumput.

“PDIP partai yang demokratis, pasti menampung dan meneruskan ke DPP apa yang ada di akar rumput,” kata Ahok.

Mantan capres PDIP, Ganjar Pranowo juga turut berkomentar. Mantan lawan Anies di Pilpres 2024 itu mengatakan proses pemilihan masih dilakukan. Dia mengatakan usulan Anies untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta adalah bentuk keterbukaan oleh partainya. Namun, dia berharap tidak dipaksakan jika memang tidak cocok.

“Itu yang mesti diobrolkan, gitu. Mesti diobrolkan, dan mudah-mudahan ya bisa bernegosiasi. Tapi seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak harus dipaksakan,” kata Ganjar ditemui usai melaksanakan salat Iduladha di dekat kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini