spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Putra Mahkota Arab Saudi Kirim Tim Pembunuh ke Kanada

KNews.id- Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) telah mengirimkan tim pembunuh berjumlah 50 orang yang dijuluki Pasukan Harimau (Tiger Squad) ke Kanada. Tujuan pengiriman tim itu untuk menghabisi seorang mantan perwira intelijen Saudi yang diasingkan ke Kanada. Pria itu adalah Saad Aljabri, yang dikenal dekat dengan mantan putra mahkota sebelumnya Pangeran Mohammed bin Nayef, yang digantikan MBS.

Kejadian pengiriman itu terjadi Oktober 2018, beberapa hari setelah tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi di Turki. Kematian Khashoggi, sebelumnya juga disebut pengadilan Istanbul terkait dengan sang pangeran.

- Advertisement -

Hal tersebut terungkap dalam gugatan yang diajukan Aljabri ke pengadilan federal di AS. Gugatannya bisa dilakukan di AS karena dikategorikan dalam pengaduan “mitra terpercaya pejabat intelijen AS”. Gugatan berada di bawah UU Perlindungan Korban Penyiksaan dan Statuta Penyiksaan Orang AS.

“Pasukan Harimau dikerahkan ke Kanada termasuk tim forensik yang berpengalaman dengan pembersihan TKP, yang membawa dua tas alat forensik,” kata isi gugatan, dikutip dari CNBCIndonesia, Jumat (7/8).

- Advertisement -

“Tim pembunuh digagalkan oleh petugas keamanan perbatasan Kanada yang curiga dengan perilaku mereka di pos pemeriksaan bandara.”

Di gugatan itu, disebut bahwa Putra Mahkota Arab mengeluarkan fatwa khusus tentang Aljabri. Yang berisi mengirimkan agen memasuki Kanada melalui AS untuk menghabisi Aljabri. Ditulis pula penculikan yang terjadi ke dua anak Aljabri oleh Pasukan Macan. Keduanya disebut jadi umpan untuk menjebak Aljabri, termasuk tuduhan korupsi.

- Advertisement -

Anak-anak Aljabri di Arab juga disandera di lokasi yang dirahasiakan di kerajaan. Aljabri sendiri dicopot dari jabatannya di 2015 dan didakwa sebagai pembelot negara di 2017.

“Gugatan itu benar-benar jalan terakhir, itu adalah puncak dari segala yang keluarga telah lalui selama hampir tiga tahun,” kata sumber yang bekerja sama dengan keluarga Aljabri.

“Dr Saad (Aljabri) dianggap sebagai orang yang tahu terlalu banyak, memiliki beberapa ketidaksepakatan dengan MBS, dan yang perlu menyingkir.”

Sementara, Kedutaan AS tidak menanggapi permintaan komentar media tersebut. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini