spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Putra Daerah Minta PT GNI Tetap Dipertahankan, Ini Alasannya

KNews.id-Kericuhan pekerja di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah menuai banyak komentar. Salah satunya dari Muhammad Haerullah A. Aman yang merupakan putra asli daerah Palu, Sulawesi Tengah.

Dia menyampaikan, smelter PT GNi perlu tetap beroperasi sampai ke depan. Jangan ada yang menuntut smelter ini berhenti atau dicabut izinnya. Haerullah menjelaskan ini bukan tanpa alasan. Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Palu periode 2016 ini menggunakan kaidah Fiqih Islam dalam menjelaskan ini.

- Advertisement -

Dalam kitab Syarh Al Manzhumah As Sa’diyah yang ditulis ulama Syaikh Sa’ad bin Nashir Asy Syatsri disebutkan, Jika ada maslahat yang lebih besar namun ada mafsadat ketika itu, maka tetap ketika itu memilih maslahat walau dengan menerjang mafsadat.

“Maksud dari kaidah fiqih ini adalah jika dalam suatu kondisi terdapat sesuatu yang mendatangkan kebaikan itu lebih besar, namun disaat itu juga terdapat kerusakan atau akibat buruk yang menimpa seseorang atau kelompok karena perbuatan atau tindakan pelanggaran hukum, maka wajib kita memilih untuk melakukan dan menjalankan sesuatu yang mendatangkan kebaikan”, ujar Haerullah.

- Advertisement -

Haerullah menjelaskan seperti ini, dalam kejadian yang menimpa PT GNI, terdapat dua sisi, sisi yang pertama bahwa disana jelas terjadi kerusakan, kericuhan, keributan, bahkan adanya kematian.

Tentunya di kejadian tersebut terdapat pelaku yang sudah pasti oknum (artinya tidak semua elemen dianggap salah dan terlibat menjadi biang keributan).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini