spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Puluhan Orang Ukraina Tewas dalam serangan Roket Rusia

KNews.id- Serangan dari Rusia dan Ukraina terus memanas. Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan puluhan orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam serangan roket oleh pasukan Rusia di kota Ukraina Kharkiv, Senin (28/2) pagi.

“Kharkiv baru saja ditembaki secara besar-besaran oleh para roket. Puluhan tewas dan ratusan luka-luka,” tulis penasihat kementerian dalam negeri Ukraina Anton Herashchenko dalam sebuah posting di Facebook, sebagaimana dikutip dari Guardian.

- Advertisement -

Sehari sebelumnya, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan sedikitnya 64 warga sipil telah tewas dan lebih dari 160.000 sedang menyelamatkan diri pasca serangan Rusia Kamis lalu.

“Pada pukul 17.00 tanggal 26 Februari, (kantor hak asasi manusia PBB) OHCHR melaporkan setidaknya 240 korban sipil, termasuk setidaknya 64 orang tewas,” kata mereka dalam sebuah laporan status, menambahkan angka sebenarnya kemungkinan akan “jauh lebih tinggi”.

- Advertisement -

Kerusakan infrastruktur sipil telah menyebabkan ratusan ribu orang tanpa listrik atau air. Ratusan rumah telah rusak atau hancur, sementara jembatan dan jalan yang dilanda penembakan telah membuat beberapa komunitas terputus dari pasar, kata OCHA, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Mengutip badan pengungsi PBB, mengatakan lebih dari 160.000 orang telah mengungsi dan lebih dari 116.000 terpaksa melarikan diri ke negara-negara tetangga.

- Advertisement -

“Badan-badan PBB dan mitra kemanusiaan telah dipaksa untuk menangguhkan operasi karena situasi keamanan yang memburuk,” kata OCHA.

“PBB dan mitranya mempertahankan kehadiran mereka di seluruh negeri dan tetap berkomitmen untuk tetap di lapangan dan menanggapi kebutuhan kemanusiaan yang meningkat dan risiko perlindungan begitu situasi memungkinkan.” (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini