spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Puan Mau Masjid Istiqlal Terbuka untuk Non-Muslim!

KNews.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta Masjid Istiqlal agar dapat dibuka untuk pengunjung non Muslim setelah selesai direnovasi. Alasannya, Puan ingin agar Masjid Istiqlal sebagai simbol umat Islam Indonesia yang moderat dan cinta akan toleransi dan perdamaian.

“Datang ke Indonesia, datang ke Jakarta, semuanya harus datang juga ke Masjid Istiqlal. Kita tunjukkan umat Muslim Indonesia adalah Muslim yang toleran dengan seluruh umat beragama,” kata Puan saat memberi sambutan di acara Gerakan Nasional Mengisi Masjid dengan 1 Juta Sajadah di Jakarta pada Kamis (11/3) sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

- Advertisement -

“Tidak hanya umat Muslim saja yang boleh datang ke Istiqlal. Semua umat beragama harus boleh datang ke Istiqlal untuk melihat bahwa Indonesia punya masjid Indah dan terisi dengan kajian Islam yang moderat,” tambah mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

Merespons harapan anak dari mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menanggpi permintaan Puan mengenai dibukanya Istiqlal untuk turis non-muslim.

- Advertisement -

Ia menyatakan Istiqlal telah menjadi tempat wisata mancanegara sekaligus ruang studi untuk turis non-Muslim mengenai sejarah Islam dan arsitektur masjid sejak tahun 2016.

“Sebenarnya itu sudah terlaksana semenjak saya menjadi imam besar, 2016. Sebelum pandemi, itu ada 300 turis datang dalam sehari. Kami mencontoh Masjid Nabawi di Madinah, kan seperti itu juga,” kata Nasaruddin

- Advertisement -

“Jadi yang Muslim salat, dan yang non-Muslim juga diberikan pengetahuan sejarah masjid, dan dipersilakan menengok lekukan-lekukan masjid,” imbuhnya.

Selain itu ia menambahkan bahwa masjid terbesar di Asia Tenggara itu saat ini telah menjadi salah satu daftar destinasi wisata yang terkenal di Jakarta. Masjid Istiqlal sendiri memang dipenuhi oleh unsur-unsur toleransi antar agama. Masjid ini dirancang oleh arsitek yang bernama Frederich Silaban yang seorang Nasrani. Selain itu lokasi masjid ini terletak di samping Gereja Katedral Jakarta. (AHM)

 

SumberL CNBCIn

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini