spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Puan Maharani Prihatin, Ada Daerah di Jateng Terkenal Miskin

KNews – Puan Maharani prihatin, ada daerah di Jateng terkenal miskin. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku heran karena masih ada masalah kemiskinan di Jawa Tengah.

Padahal, provinsi itu merupakan daerah basis PDIP, presidennya dari PDIP, gubernur, dan bupatinya juga petugas partai yang sama.

- Advertisement -

Keheranan itu diungkapkan Puan saat mendengar cerita adanya wilayah di Wonogiri selama puluhan tahun tak menikmati akses air bersih. Parahnya, warga nyaris tak pernah mandi dan lebih sering cuci muka.

“Saya sampai nengok saat dibilang puluhan tahun. Ini benar, tidak? Saya tidak menyangka kalau sampai puluhan tahun sulit mendapatkan air bersih,” kata Puan saat memberikan sambutan peresmian keran air bersih di Desa Gendayakan, Selasa, 26 April 2022.

- Advertisement -

Hal tersebut menjadi cambukan keras bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Padahal ia selalu masuk survei calon presiden 2024 yang terbaik.

Nyatanya, masih ada kinerjanya yang penting dievaluasi. Ganjar Pranowo dinilai tak maksimal membangun Jateng. Mulai dari pembangunan yang tak merata hingga tak fokus mengatasi kemiskinan.

- Advertisement -

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai bahwa selama dua periode ini pembangunan Ganjar atas Provinsi Jawa Tengah tak menyeluruh.

Wonogiri merupakan salah satu daerah yang tak mendapat perhatian penuh oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Di wilayah Paranggupito, Wonogiri puluhan tahun masyarakat hidup tanpa air bersih.

“Artinya Ganjar selama ini membangun tidak menyeluruh di wilayah Jawa Tengah. Daerah Wonogiri tampaknya kurang mendapat perhatian Ganjar,” kata Jamiluddin di Jakarta, ditulis Terkini.id dari Suaracom, akhir April lalu.

Puan mendengar masalah itu lekas gerak cepat berkunjung ke daerah Wonogiri. Alhasil, sat set sat set jadi, ketua DPR RI itu pun meresmikan akses air bersih.

Jamiluddin menilai secara komunikasi politik, ketika Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan akses air bersih di daerah tersebut akhirnya menjadi pesan keras untuk Ganjar. Diketahui, Wonogiri merupakan daerah dengan masalah kemiskinan yang cukup tinggi.

Apalagi, dilihat dari suatu ukuran, disebutkan Jateng provinsi termiskin di Jawa menjadi pelengkap masalah yang harus menjadi bahan evaluasi bagi sang Gubernur.

“Namun realitasnya, kita melihat daerah Jawa Tengah itu adalah tingkat kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa. Dari sudut itu memang kelihatannya Ganjar sebagai wakil dari pemerintah pusat ini kurang fokus mengatasi kemiskinan di wilayahnya,” kata Jamiluddin lagi. (RKZ/mks)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini